Sabtu, 22 Juli 2017

2 Jet Tempur China Cegat Pesawat Militer AS di Laut China Timur

Jum'at, 19 Mei 2017 15:34
Beri Rating Berita Ini
(0 votes)

Washington(MedanPunya) Dua jet tempur China melakukan manuver pencegatan yang dianggap tidak profesional terhadap pesawat militer Amerika Serikat (AS). Insiden ini terjadi di wilayah udara internasional yang ada di Laut China Timur.

"Isu ini sedang dibahas dengan China melalui jalur diplomatik dan militer yang semestinya," ujar juru bicara Angkatan Udara AS, Letnan Kolonel Lori Hodge.

Insiden yang terjadi pada Kamis (18/5) waktu setempat itu melibatkan dua jet tempur China jenis SU-30 dan sebuah pesawat militer AS jenis WC-135 Constant Phoenix yang dirancang khusus untuk mendeteksi radiasi.

Hodge menjelaskan, AS menentukan manuver jet tempur China itu tidak profesional dengan mendasarkan pada beberapa faktor, termasuk laporan awal personel militer yang ada di dalam pesawat WC-135 itu.

"Melihat manuver pilot China itu, juga kecepatan dan jarak kedua pesawat," sebut Hodge.

"Jarak selalu menjadi patokan dalam cara kami mengkarakterisasi interaksi," imbuhnya, sembari menambahkan bahwa militer AS masih menyelidiki lebih lanjut soal interaksi tidak profesional itu.Ditegaskan Hodge bahwa pesawat WC-135 itu sedang melakukan misi rutin dan mengudara sesuai hukum internasional.

Sementara itu, China selama ini curiga soal aktivitas militer AS di kawasan Laut China Selatan.

Pada 8 Februari lalu, sebuah pesawat pengintai P-3 milik Angkatan Laut AS terbang berdekatan dengan pesawat militer China di atas Laut China Selatan. AS melihat insiden itu sebagai manuver tidak aman. Saat itu kedua pesawat terbang dalam jarak hanya 305 meter.***dtc/mpc/bs

Dibaca 62 Kali