Sabtu, 22 Juli 2017

Mendag Pastikan Stok Sembako Bulog Aman Sampai Lebaran

Rabu, 17 Mei 2017 12:05
Beri Rating Berita Ini
(0 votes)

Jakarta(MedanPunya) Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menyebut stok bahan pokok menjelang Bulan Ramdhan dan Lebaran dalam batas aman.

Lebih dari itu menurut Enggar, stok yang dimiliki Bulog telah lebih dari cukup bahkan hingga Agustus dan perayaan Idul Adha, tiga bulan mendatang.

"Untuk lebaran stoknya lebih dari cukup kalau sekarang rata-rata Bulog stoknya lebih dari 8-9 bulan jadi kita enggak ada soal dan sampai dengan Juli dan dengan Agustus aman dan sampai Idul Adha lah," ungkap Enggar, Rabu (17/5).

Sementara itu, Direktur Utama Bulog Djarot Kusumayakti menyebut, pihaknya telah menyiapkan sejumlah stok untuk seluruh bahan pokok menjelang momen puasa dan lebaran.

"Kami dari Bulog sepenuhnya menyiapkan apa yang bapak (Mendag) inginkan. Seluruh bahan pangan pokok bukan hanya di Jakarta tapi kami siapkan dari Sabang sampai Merauke," ujarnya.

Total stok komoditi yang disiapkan Bulog di masing-masing gudang:

    Beras sebanyak 2 juta ton lebih,
    Gula 320 ribu ton,
    Daging beku 37.500 ton,
    Minyak goreng 207 ribu liter,
    Bawang merah 60 ton,
    Bawang putih 62 ton.

Djarot pun mengaku, kerja sama dirinya dengan satgas pangan dari pihak kepolisian sangat membantu dalam mengamankan dan mengontrol stok dan harga bahan pangan di pasaran.

"Kami hanya ingin laksanakan apa yang menjadi garis pemerintah untuk memberi harga wajar dan adil bangsa ini. Oleh karena itu kami didukung penuh oleh satgas pangan dari Polri yang secara aktif lakukan pantauan dan pengamanan atas gerak langkah kami," ujarnya.***dtc/mpc/bs

Dibaca 71 Kali