Diduga Serobot Tanah Warga, Kades Amplas Dilaporkan ke Poldasu

Medan(MedanPunya.Com) Kepala Desa (Kades) Amplas, Kelurahan Bandar Kalipah, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deliserdang akhirnya dipolisikan. Pasalnya, sang Kadus dituding menjadi biang penyerobotan tanah dan merusak tanaman warga dengan dalih pelebaran jalan.

Kasus penyerobotan tanah berbuntut ke polisi dialami, Bidner Siregar (37) warga Jalan Kapten M Jamil Lubis, Desa Bandar Selamat, Kecamatan Tembung. Mantan anak purnawiraan polisi ini terpaksa mengadukan sang Kadus, Sarwan yang telah merusak sejumlah pohon dan menyerobot tanah tanpa izin seluas 61 x 2 meter di kawasan Desa Amplas.

"Katanya pelebaran jalan dengan dalih gotong royong," kata Bidner kepada wartawan di Mapoldasu. Dia menjelaskan, kasus perusakan dan penyerobotan lahan telah ia laporkan ke Poldasu dengan Nopol : STPL/435/XI/2010. Siaga Ops Poldasu, Senin 29 Nopember pukul 12.00 WIB. Dalam laporonnya, kata Bidner, kasus tersebut terjadi sebulan lalu tepatnya 31 Oktober 2010.

Dia menceritakan kronologisnya, di mana pada pukul 08.00 WIB saat ia tiba usai mengembala sapi dirinya melihat beberapa pohon yang selama ini berdiri tegak bertumbangan. Melihat kejadian itu, spontan ia mencari tahu dengan menanyakan kepada saudaranya yang tinggal di TKP.

"Kok tanaman kita ditumbangi," kata Bidner kala itu. Dari kejauhan ia kembali mendengar jawaban dari keluarganya. Katanya pelebaran jalan," kata kerabat Bidner kepadanya.

Menindak lanjuti hal tersebut, di hari yang sama Bidner mendatangi Kepala Desa (Kades) bernama Iwan. Menurut Iwan, permasalahan itu tanyakan aja langsung ke kadusnya, kata Bidner menirukan ucapan sang Kades.

Setelah menunggu hampir sebulan, permasalahan yang semula akan diselesaikan secara kekeluargaan akhirnya tak tuntas. Sang kadus hanya berjanji membayar ganti rugi ala kadarnya.

Sementara, sebut Bidner, beberapa pohon yang ditumbangi, diantaranya kelapa sawit, salak, kelor dan pinang ditotal hampir puluhan juta rupiah. "Dia seenaknya ajak mau ganti rugi tanpa hitung kerugian," kata Bidner.

Menurut Bidner lagi, walau rencana kasusnya diselesaikan secara kekeluargaan namun Kades tidak memiliki hak dan tanggung jawab, soalnya permasalahan tersebut murni menyangkut perbuatan sang kadus.

"Untuk itu, kasusnya berujung ke polisi dalam pasal perusakan dan penyerobotan lahan. Sedangkan, penyerobotan lahan seluas 61 x 2 meter, pihaknya telah mengundang BPN Deliserdang untuk melakukan pengukuran. Hasilnya, jelas lahan yang dijadikan jalan memang di kawasan areal ladang miliknya," paparnya.

Kepada penyidik, Bidner mengharapkan kasus pengrusakan lahan secepatnya dituntaskan. "Paling tidak prosesnya lebih cepat," katanya.***mpc-mdn1

 

Film

 

Otomotif

 

Infotainment

Lindsay Lohan Buka Suara soal 36 Pria yang Pernah Hubungan Seks Dengannya

Lindsay Lohan Buka Suara soal 36 Pria yang Pernah Hubungan Seks Dengannya

MedanPunya.Com- Awal tahun lalu dunia hiburan Hollywood sempat dihebohkan dengan daftar 36 pria yang pernah berhubungan seks dengan Lindsay Lohan

Terungkap, Robin Williams Mengidap Tahap Awal Parkinson Saat Meninggal

Terungkap, Robin Williams Mengidap Tahap Awal Parkinson Saat Meninggal

MedanPunya.Com - Masalah kesehatan yang dihadapi aktor Robin Williams sebelum meninggal bukan cuma gangguan bipolar dan riwayat operasi jantung. Sang

 

Gaya Hidup

Kontrol Emosi Rendah Picu Orang Berpendidikan Baik Bisa Jadi Pembunuh

MedanPunya.Com - Pendidikan formal baik yang didapat seseorang tidak menjamin orang tersebut akan berperilaku baik. Berkaca dari kasus pembunuhan Ade Sara Angelina Suroto (19), yang dilakukan oleh Hafiz (19) dan Assyifa Ramadhani (19), mantan kekasih dan teman SMA tega melakukan aksi keji.

"Kalau ora [ ... ]

 

Pendidikan

Jumlah Hari Belajar Sekolah Wewenang Pemda

Jakarta(MedanPunya.Com) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menegaskan, jumlah hari dalam proses pembelajaran di sekolah, apakah 5 hari atau 6 hari dalam seminggu, sepenuhnya diserahkan kepada pemerintah daerah (Pemda). Pemerintah Pusat melalui Kemdikbud tidak akan mengatur mengenai ha [ ... ]

 

Musik

SM Entertainment Menang 8 Penghargaan untuk Desain Sampul AlbumSM Entertainment Menang 8 Penghargaan untuk Desain Sampul Album

MedanPunya.Com - SM Entertainment kembali jadi juara untuk desain sampul album artis-artisnya. Tak hanya satu, total delapan desain sampul album menang di ajang Red Hot Design Award 2014, Jerman.

Ini memang bukan kali pertama manajemen artis seperti EXO dan SNSD itu memenangkan penghargaan untuk desa [ ... ]

 

Teknologi

Prediksi Ilmuan: Tikus Kuasai Dunia, Manusia PunahPrediksi Ilmuan: Tikus Kuasai Dunia, Manusia Punah

MedanPunya.Com - Para ilmuwan percaya jika manusia akan mengalami kepunahan sekali lagi dalam waktu dekat. Namun kali ini tidak akan terjadi karena hantaman asteroid.

Manusia akan punah karena hasil dari kejahatan yang dilakukannya terhadap lingkungan. Pasalnya, perubahan iklim yang terjadi akan memu [ ... ]