Diduga Serobot Tanah Warga, Kades Amplas Dilaporkan ke Poldasu

Medan(MedanPunya.Com) Kepala Desa (Kades) Amplas, Kelurahan Bandar Kalipah, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deliserdang akhirnya dipolisikan. Pasalnya, sang Kadus dituding menjadi biang penyerobotan tanah dan merusak tanaman warga dengan dalih pelebaran jalan.

Kasus penyerobotan tanah berbuntut ke polisi dialami, Bidner Siregar (37) warga Jalan Kapten M Jamil Lubis, Desa Bandar Selamat, Kecamatan Tembung. Mantan anak purnawiraan polisi ini terpaksa mengadukan sang Kadus, Sarwan yang telah merusak sejumlah pohon dan menyerobot tanah tanpa izin seluas 61 x 2 meter di kawasan Desa Amplas.

"Katanya pelebaran jalan dengan dalih gotong royong," kata Bidner kepada wartawan di Mapoldasu. Dia menjelaskan, kasus perusakan dan penyerobotan lahan telah ia laporkan ke Poldasu dengan Nopol : STPL/435/XI/2010. Siaga Ops Poldasu, Senin 29 Nopember pukul 12.00 WIB. Dalam laporonnya, kata Bidner, kasus tersebut terjadi sebulan lalu tepatnya 31 Oktober 2010.

Dia menceritakan kronologisnya, di mana pada pukul 08.00 WIB saat ia tiba usai mengembala sapi dirinya melihat beberapa pohon yang selama ini berdiri tegak bertumbangan. Melihat kejadian itu, spontan ia mencari tahu dengan menanyakan kepada saudaranya yang tinggal di TKP.

"Kok tanaman kita ditumbangi," kata Bidner kala itu. Dari kejauhan ia kembali mendengar jawaban dari keluarganya. Katanya pelebaran jalan," kata kerabat Bidner kepadanya.

Menindak lanjuti hal tersebut, di hari yang sama Bidner mendatangi Kepala Desa (Kades) bernama Iwan. Menurut Iwan, permasalahan itu tanyakan aja langsung ke kadusnya, kata Bidner menirukan ucapan sang Kades.

Setelah menunggu hampir sebulan, permasalahan yang semula akan diselesaikan secara kekeluargaan akhirnya tak tuntas. Sang kadus hanya berjanji membayar ganti rugi ala kadarnya.

Sementara, sebut Bidner, beberapa pohon yang ditumbangi, diantaranya kelapa sawit, salak, kelor dan pinang ditotal hampir puluhan juta rupiah. "Dia seenaknya ajak mau ganti rugi tanpa hitung kerugian," kata Bidner.

Menurut Bidner lagi, walau rencana kasusnya diselesaikan secara kekeluargaan namun Kades tidak memiliki hak dan tanggung jawab, soalnya permasalahan tersebut murni menyangkut perbuatan sang kadus.

"Untuk itu, kasusnya berujung ke polisi dalam pasal perusakan dan penyerobotan lahan. Sedangkan, penyerobotan lahan seluas 61 x 2 meter, pihaknya telah mengundang BPN Deliserdang untuk melakukan pengukuran. Hasilnya, jelas lahan yang dijadikan jalan memang di kawasan areal ladang miliknya," paparnya.

Kepada penyidik, Bidner mengharapkan kasus pengrusakan lahan secepatnya dituntaskan. "Paling tidak prosesnya lebih cepat," katanya.***mpc-mdn1

 

Film

 

Otomotif

 

Infotainment

Pelawak Jojon Meninggal Dunia

Pelawak Jojon Meninggal Dunia

MedanPunya.Com - Dunia hiburan Indonesia kehilangan salah satu pelawak terbaiknya. Djuhri Masdjan atau yang lebih dikenal sebagai Jojon meninggal

Roger Ditemukan dalam Mobil di Pulogadung, Jarum Suntik Masih Tertancap

Roger Ditemukan dalam Mobil di Pulogadung, Jarum Suntik Masih Tertancap

MedanPunya.Com - Artis sinetron Roger Danuarta ditemukan tidak sadarkan diri dalam mobilnya di Jalan Kayu Putih Tengah, Pulogadung, Jakarta Timur,

 

Gaya Hidup

Kontrol Emosi Rendah Picu Orang Berpendidikan Baik Bisa Jadi Pembunuh

MedanPunya.Com - Pendidikan formal baik yang didapat seseorang tidak menjamin orang tersebut akan berperilaku baik. Berkaca dari kasus pembunuhan Ade Sara Angelina Suroto (19), yang dilakukan oleh Hafiz (19) dan Assyifa Ramadhani (19), mantan kekasih dan teman SMA tega melakukan aksi keji.

"Kalau ora [ ... ]

 

Pendidikan

Benarkah Jam Sekolah Pagi Ganggu Pencernaan Anak? Mendikbud: Aduh Alasan

Jakarta(MedanPunya.Com) Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) menilai jam masuk anak sekolah di DKI Jakarta telah mengorbankan hak-hak anak, termasuk mengganggu pencernaan. Mendikbud M Nuh menilai itu hanya alasan saja.

"Aduh alasan. Orang FSGI (pihak yang menyatakan bisa mengganggu pencernaan anak) [ ... ]

 

Musik

Queen Pecahkan Rekor Album TerlarisQueen Pecahkan Rekor Album Terlaris

MedanPunya.Com - Queen mencatat sejarah dengan menjadi band pertama di Inggris yang berhasil menjual enam juta kopi album.

Koleksi Greatest Hits pertama mereka meliputi lagu We Will Rock You dan Bohemian Rhapsody.

Official Charts Company mengatakan satu dari tiga rumah tangga di Inggris kini memiliki  [ ... ]

 

Teknologi

Rugi Terus, BlackBerry Mau Berhenti Jualan Ponsel

MedanPunya.Com - BlackBerry terus-menerus mengalami kerugian. Pada tiga bulan yang berlangsung hingga 1 Maret lalu, perusahaan tersebut melaporkan kerugian sebesar 423 juta dollar AS. Kuartal sebelumnya, angka kerugian mencapai 4,4 miliar dollar AS.

Jika kerugian terus terjadi, CEO BlackBerry John Ch [ ... ]