Produksi Tembakau Deli Sumut 2010 Turun 52 Persen

Belawan(MedanPunya.Com) Produksi tembakau Deli Sumatera Utara (Sumut) sejak 2008 aktivitas ekspor tembakau Sumut melalui Pelabuhan Belawan mengalami penurunan yang sangat memprihatikan  dan yang paling memprihatinkan terjadi selama tahun 2010. Hal tersebut dikatakan, Asisten Manajer Hukum dan Humas Pelindo I Cabang Belawan, M Azmi Jauhari kepada wartawan.

"Siapa yang tak kenal dengan tembakau Deli produksi Sumut. Sekitar tahun 80-an, komoditas ini termasuk salah satu komoditas ekspor unggulan Sumut melalui Pelabuhan Belawan,Tapi entah karena apa, dari tahun ke tahun produksi tembakau deli yang kerap dilelang di Bremen Jerman itu terus berkurang," katanya.

Dia mengungkapkan, sehingga posisi komoditas bernilai tinggi itu di barisan ekspor Sumut yang dikapalkan melalui Pelabuhan Belawan semakin tersingkirkan. Bukti paling nyata tampak sejak tahun 2008. Sejak dekade itu aktivitas ekspor tembakau Sumut melalui Pelabuhan Belawan terus memprihatinkan.

"Dan yang paling memprihatinkan terjadi selama tahun 2010, di mana ekspor tembakau Sumut hanya dilakukan dalam kurun waktu tiga bulan," paparnya.

Dia menjelaskan, aktivitas ekspor tembakau Sumut pada dekade 2010 sangat memprihatinkan dan hanya berlangsung selama tiga bulan yakni Januari, February dan Maret dengan jumlah 70 ton. Jumlah ini turun sebesar 52% dibandingkan 2009 yang jumlahnya 146 ton," ungkapnya.

Dia menambahkan, aktivitas ekspor tembakau Sumut melalui Pelabuhan Belawan juga mengalami penurunan yang signifikan yakni dari 185 ton pada 2008 menjadi 146 ton pada 2009 atau turun sekitar 21%. Dan penurunan ekspor tembakau Sumut yang paling tinggi itu sebenarnya terjadi pada 2008.

"Sebab selama 2007 ekspornya masih 630 ton sedang pada 2008 tinggal 185 ton atau anjlok sekitar 70,63%," jelasnya.

Dia menambahkan, selain mengekspor, Sumut juga melakukan impor tembakau. Kalau ekspor yang dilakukan melalui Pelabuhan Belawan mengalami penurunan signifikan, maka impor lewat terminal peti kemas Belawan International Container Terminal (BICT) malah mengalami peningkatan.

"Selama 2010, aktivitas impor tembakau lewat BICT tercatat sebanyak 17.652 ton. Sementara selama 2009 jumlahnya 16.031 ton atau naik sekitar 10,11%," tambahnya.***mpc-mdn4

 

Film

 

Otomotif

 

Infotainment

Pelawak Jojon Meninggal Dunia

Pelawak Jojon Meninggal Dunia

MedanPunya.Com - Dunia hiburan Indonesia kehilangan salah satu pelawak terbaiknya. Djuhri Masdjan atau yang lebih dikenal sebagai Jojon meninggal

Roger Ditemukan dalam Mobil di Pulogadung, Jarum Suntik Masih Tertancap

Roger Ditemukan dalam Mobil di Pulogadung, Jarum Suntik Masih Tertancap

MedanPunya.Com - Artis sinetron Roger Danuarta ditemukan tidak sadarkan diri dalam mobilnya di Jalan Kayu Putih Tengah, Pulogadung, Jakarta Timur,

 

Gaya Hidup

Kontrol Emosi Rendah Picu Orang Berpendidikan Baik Bisa Jadi Pembunuh

MedanPunya.Com - Pendidikan formal baik yang didapat seseorang tidak menjamin orang tersebut akan berperilaku baik. Berkaca dari kasus pembunuhan Ade Sara Angelina Suroto (19), yang dilakukan oleh Hafiz (19) dan Assyifa Ramadhani (19), mantan kekasih dan teman SMA tega melakukan aksi keji.

"Kalau ora [ ... ]

 

Pendidikan

Benarkah Jam Sekolah Pagi Ganggu Pencernaan Anak? Mendikbud: Aduh Alasan

Jakarta(MedanPunya.Com) Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) menilai jam masuk anak sekolah di DKI Jakarta telah mengorbankan hak-hak anak, termasuk mengganggu pencernaan. Mendikbud M Nuh menilai itu hanya alasan saja.

"Aduh alasan. Orang FSGI (pihak yang menyatakan bisa mengganggu pencernaan anak) [ ... ]

 

Musik

Queen Pecahkan Rekor Album TerlarisQueen Pecahkan Rekor Album Terlaris

MedanPunya.Com - Queen mencatat sejarah dengan menjadi band pertama di Inggris yang berhasil menjual enam juta kopi album.

Koleksi Greatest Hits pertama mereka meliputi lagu We Will Rock You dan Bohemian Rhapsody.

Official Charts Company mengatakan satu dari tiga rumah tangga di Inggris kini memiliki  [ ... ]

 

Teknologi

Rugi Terus, BlackBerry Mau Berhenti Jualan Ponsel

MedanPunya.Com - BlackBerry terus-menerus mengalami kerugian. Pada tiga bulan yang berlangsung hingga 1 Maret lalu, perusahaan tersebut melaporkan kerugian sebesar 423 juta dollar AS. Kuartal sebelumnya, angka kerugian mencapai 4,4 miliar dollar AS.

Jika kerugian terus terjadi, CEO BlackBerry John Ch [ ... ]