Tokoh Sumut Puji Kinerja Oegroseno

Medan(MedanPunya.Com) Sejumlah tokoh di Sumatera Utara memuji kinerja Inspektur Jenderal Polisi Oegroseno sebagai Kepala Kepolisian Daerah, baik terkait program maupun kemampuan menjalin hubungan dengan berbagai kalangan masyarakat.

Pujian itu disampaikan Wakil Gubernur Sumut Gatot Pujo Nugroho, Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Parlindungan Purba, dan Pangdam I Bukit Barisan Mayjen TNI Leo Siegers usai upacara serah terima jabatan Kapolda Sumut di Lapangan KS Tubun Mapolda Sumut di Medan.

Wagub Sumut Gatot Pujo Nugroho mengatakan, Oegroseno yang dipromosi menjadi Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Kalemdiklat) Polri merupakan sosok yang sukses dalam tugas serta mampu memadukan sikap kelembutan dan ketegasan.

Kesuksesan Oegroseno itu dapat terlihat dari keberhasilannya mengungkap sejumlah kasus besar dan menarik perhatian seperti perampokan Bank CIMB Niaga dan penangkapan kelompok bersenjata di Dolok Masihul, Kabupaten Serdang Bedagai.

Selain itu, Oegroseno juga mampu menjalin koordinasi dengan unsur Muspida Sumut sehingga berbagai program pembangunan di daerah itu dapat terlaksana dengan baik. Kemudian, kata Wagub, Oegroseno mampu memadukan sikap lembut dan tegas dalam memimpin Sumut sehingga keberadaan institusi penegak hukum itu cukup dirasakan masyarakat.

Pihaknya mengharapkan sikap lembut tetapi tegas itu mampu dilanjutkan Kapolda Sumut yang baru Irjen Pol Wisjnu Amat Sastro sehingga personel Polri di daerah tersebut lebih humanis. "Kalau humanis, polisi akan lebih dicintai masyarakat," kata Wagub.

Anggota DPD RI Parlindungan Purba mengatakan, Oegroseno merupakan tipikal perwira Polri yang menjunjung HAM dalam menjalankan tugas sehingga berani mengeluarkan ungkapan "tidak boleh lagi ada darah dan air mata yang mengalir di kantor polisi".

"Salut, itu ide reformis," katanya. Sedangkan Pangdam I Bukit Barisan Mayjen TNI Leo Siegers mengatakan, Oegroseno yang merupakan rekannya ketika menjadi taruna AKABRI dan sama-sama alumni 1978 telah mampu menjadi mitra yang mensinerjikan fungsi TNI/Polri di Sumut.

Namun, pihaknya juga akan terus menjalin kekompakan dengan Kapolda Sumut yang baru Irjen Pol Wisjnu Amat Sastro yang juga alumni Akpol tahun 1978. "Gak ada perbedaan. Apalagi kami (Mayjen TNI Leo Siegers dan Irjen Pol Wisjnu Amat Sastro) Lemhannas bersama," kata Pangdam.

"Kami sudah bebicara bertiga (Mayjen TNI Leo Siegers, Irjen Pol Oegroseno dan Irjen Pol Wisjnu Amat Sastro). Intinya, lanjutkan (kekompakan)," katanya menambahkan. Menurut Parlindungan Purba, pihaknya juga berkeyakinan, dengan pengetahuan dan pengalaman sebagai perwira Polri, Irjen Pol Wisjnu Amat Sastro akan sukses memimpin Polda Sumut.

Hal itu dapat terlihat dari pernyataan Irjen Pol Wisjnu Amat Sastro dalam upacara serah terima yang mengharapkan tidak diintervensi ketika menjalankan tugas. "Itu bukti komitmen untuk memberikan yang terbaik untuk Sumut," katanya.

Pihaknya juga memberikan apreasiasi terhadap Irjen Pol Wisjnu Amat Sastro yang memuji keberhasilan Irjen Pol Oegroseno ketika masih memimpin Polda Sumut. "Kalau dia berani memuji, berarti dia juga akan dihargai," kata Parlindungan Purba.***mpc-mdn/ann/Rep1



 

Film

 

Otomotif

 

Infotainment

Pelawak Jojon Meninggal Dunia

Pelawak Jojon Meninggal Dunia

MedanPunya.Com - Dunia hiburan Indonesia kehilangan salah satu pelawak terbaiknya. Djuhri Masdjan atau yang lebih dikenal sebagai Jojon meninggal

Roger Ditemukan dalam Mobil di Pulogadung, Jarum Suntik Masih Tertancap

Roger Ditemukan dalam Mobil di Pulogadung, Jarum Suntik Masih Tertancap

MedanPunya.Com - Artis sinetron Roger Danuarta ditemukan tidak sadarkan diri dalam mobilnya di Jalan Kayu Putih Tengah, Pulogadung, Jakarta Timur,

 

Gaya Hidup

Kontrol Emosi Rendah Picu Orang Berpendidikan Baik Bisa Jadi Pembunuh

MedanPunya.Com - Pendidikan formal baik yang didapat seseorang tidak menjamin orang tersebut akan berperilaku baik. Berkaca dari kasus pembunuhan Ade Sara Angelina Suroto (19), yang dilakukan oleh Hafiz (19) dan Assyifa Ramadhani (19), mantan kekasih dan teman SMA tega melakukan aksi keji.

"Kalau ora [ ... ]

 

Pendidikan

Benarkah Jam Sekolah Pagi Ganggu Pencernaan Anak? Mendikbud: Aduh Alasan

Jakarta(MedanPunya.Com) Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) menilai jam masuk anak sekolah di DKI Jakarta telah mengorbankan hak-hak anak, termasuk mengganggu pencernaan. Mendikbud M Nuh menilai itu hanya alasan saja.

"Aduh alasan. Orang FSGI (pihak yang menyatakan bisa mengganggu pencernaan anak) [ ... ]

 

Musik

Queen Pecahkan Rekor Album TerlarisQueen Pecahkan Rekor Album Terlaris

MedanPunya.Com - Queen mencatat sejarah dengan menjadi band pertama di Inggris yang berhasil menjual enam juta kopi album.

Koleksi Greatest Hits pertama mereka meliputi lagu We Will Rock You dan Bohemian Rhapsody.

Official Charts Company mengatakan satu dari tiga rumah tangga di Inggris kini memiliki  [ ... ]

 

Teknologi

Rugi Terus, BlackBerry Mau Berhenti Jualan Ponsel

MedanPunya.Com - BlackBerry terus-menerus mengalami kerugian. Pada tiga bulan yang berlangsung hingga 1 Maret lalu, perusahaan tersebut melaporkan kerugian sebesar 423 juta dollar AS. Kuartal sebelumnya, angka kerugian mencapai 4,4 miliar dollar AS.

Jika kerugian terus terjadi, CEO BlackBerry John Ch [ ... ]