IAIN Sumut Terima 1.580 Mahasiswa Baru

Medan(MedanPunya.Com) Institut Agama Islam Negeri Sumatera Utara menerima sebanyak 1.580 calon mahasiswa baru pada 21 program studi untuk tahun akademik 2011-2012.

Pembantu Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sumatera Utara, Prof Hasan Asari, di Medan mengatakan, tahun ini pihaknya menerima sebanyak 1.580 mahasiswa baru melalui empat jalur seleksi.

"Keempat jalur tersebut yakni Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (SPMB-PTAIN), jalur seleksi lokal, program Bidik Misi dan jalur penerimaan siswa berprestasi (undangan)," kata dia.

Ia mengatakan, mulai tahun akademik 2011-2012 ini, IAIN Sumut bergabung dengan SPMB-PTAIN sebagai jalur utama penerimaan mahasiswa baru. SPMB-PTAIN ini dikelola oleh sebuah kepanitiaan di bawah koordinasi Kementerian Agama secara nasional dan berbasis internet.

Melalui SPMB-PTAIN ini, calon mahasiswa diharapkan akan lebih mudah untuk mengakses dan menentukan PTAIN pilihannya dengan mendaftar secara online, serta memilih lokasi seleksi yang berdekatan dengan domisili.

"Masa pendaftaran paling lambat pada 1 Juni 2011. Informasi lebih lengkap tentang syarat, ketentuan dan prosedur dapat dilihat melalui http://www.spmb-ptain.ac.id," katanya.

Untuk jalur seleksi lokal, lanjutnya, akan dilaksanakan secara mandiri oleh IAIN yang diproyeksikan untuk memenuhi jumlah calon mahasiswa bila kuota tidak terpenuhi melalui jalur SPMB-PTAIN.

Pendaftarannya akan dimulai pada 04-11 Juli 2011, sedangkan informasi lebih lanjut dapat melalui panitia di Kampus II IAIN Jalan Willem Iskandar Pasar V Medan Estate (061-6622925) atau melalui http://www.iainsu.ac.id.

Sementara untuk program Bidik Misi (Biaya Pendidikan Miskin Berprestasi), IAIN akan menerima sebanyak 70 orang mahasiswa yang berasal dari keluarga tidak mampu dan merupakan lulusan SLTA 2011 dan 2010.

"Program kerjasama dengan Kemdiknas ini menyediakan biaya pendidikan selama 8 semester pada berbagai prodi yang ada di IAIN Sumut. Informasi pendaftaran dapat diakses melalui www.bidikmisi.dikti.go.id," katanya.

Sedangkan untuk jalur penerimaan siswa berprestasi (PSB), ini dilakukan sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Untuk informasi selanjutnya dapat diperoleh melalui panitia di Kampus II IAIN Sumut.

"Kita mengharapkan calon mahasiswa baru tahun akademik 2011-2012, baik yang berada dalam maupun di luar daerah agar mempersiapkan dirinya mulai dari proses pendaftaran sampai kepada jadwal pelaksanaan ujian masuk," katanya.***mpc-mdn3

 

Film

 

Otomotif

 

Infotainment

Pelawak Jojon Meninggal Dunia

Pelawak Jojon Meninggal Dunia

MedanPunya.Com - Dunia hiburan Indonesia kehilangan salah satu pelawak terbaiknya. Djuhri Masdjan atau yang lebih dikenal sebagai Jojon meninggal

Roger Ditemukan dalam Mobil di Pulogadung, Jarum Suntik Masih Tertancap

Roger Ditemukan dalam Mobil di Pulogadung, Jarum Suntik Masih Tertancap

MedanPunya.Com - Artis sinetron Roger Danuarta ditemukan tidak sadarkan diri dalam mobilnya di Jalan Kayu Putih Tengah, Pulogadung, Jakarta Timur,

 

Gaya Hidup

Kontrol Emosi Rendah Picu Orang Berpendidikan Baik Bisa Jadi Pembunuh

MedanPunya.Com - Pendidikan formal baik yang didapat seseorang tidak menjamin orang tersebut akan berperilaku baik. Berkaca dari kasus pembunuhan Ade Sara Angelina Suroto (19), yang dilakukan oleh Hafiz (19) dan Assyifa Ramadhani (19), mantan kekasih dan teman SMA tega melakukan aksi keji.

"Kalau ora [ ... ]

 

Pendidikan

Benarkah Jam Sekolah Pagi Ganggu Pencernaan Anak? Mendikbud: Aduh Alasan

Jakarta(MedanPunya.Com) Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) menilai jam masuk anak sekolah di DKI Jakarta telah mengorbankan hak-hak anak, termasuk mengganggu pencernaan. Mendikbud M Nuh menilai itu hanya alasan saja.

"Aduh alasan. Orang FSGI (pihak yang menyatakan bisa mengganggu pencernaan anak) [ ... ]

 

Musik

Queen Pecahkan Rekor Album TerlarisQueen Pecahkan Rekor Album Terlaris

MedanPunya.Com - Queen mencatat sejarah dengan menjadi band pertama di Inggris yang berhasil menjual enam juta kopi album.

Koleksi Greatest Hits pertama mereka meliputi lagu We Will Rock You dan Bohemian Rhapsody.

Official Charts Company mengatakan satu dari tiga rumah tangga di Inggris kini memiliki  [ ... ]

 

Teknologi

Rugi Terus, BlackBerry Mau Berhenti Jualan Ponsel

MedanPunya.Com - BlackBerry terus-menerus mengalami kerugian. Pada tiga bulan yang berlangsung hingga 1 Maret lalu, perusahaan tersebut melaporkan kerugian sebesar 423 juta dollar AS. Kuartal sebelumnya, angka kerugian mencapai 4,4 miliar dollar AS.

Jika kerugian terus terjadi, CEO BlackBerry John Ch [ ... ]