Kopertis Sumut - NAD Belum Umumkan PTS Ilegal

Medan(MedanPunya.Com) Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta I Sumatera Utara-Aceh belum berani mengumumkan perguruan tinggi swasta ilegal dikedua provinsi tersebut.

"Kita belum berani mengumumkannya karena ini menyangkut masalah hukum dan juga izin dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti)," ujar Koordinator Kopertis I Sumut-Aceh Prof Nawawy Lubis usai rapat dengar pendapat dengan Komisi E DPRD Sumut di Medan.

Ia menyebutkan, sejauh ini pihaknya baru mengumumkan dua PTS yang tidak memiliki izin, yakni Akademi Kebidanan (Akbid) Jaya Wijaya di jalan Kolam Medan dan Universitas Generasi Muda Medan (UGMM) di jalan Bahagia.

Sedangkan sejumlah PTS lain yang diduga juga tidak berizin belum dapat diumumkan karena alasan prinsip kehati-hatian. "Legal dan ilegal itu menyangkut hukum, kita mesti hati-hati. Sementara Akbid Jaya Wijaya dan UGMM sudah kita laporkan ke polisi," ujar Nawawy.

Ia mengakui banyak PTS di wilayah Sumut-NAD yang tidak memiliki izin. Namun untuk membuktikannya harus melalui penelitian mendalam dan dengan bukti yang kuat.

Untuk mengumumkannya, menurut dia, Kopertis juga harus mendapatkan izin dari Dikti, mengingat akan sangat banyak mahasiswa yang menjadi korban jika operasional PTS-PTS itu tetap dibiarkan.

Karenanya, masyarakat dan calon mahasiswa diminta agar berhati-hati jika mendaftar ke PTS. "Setidaknya mencari tahu keabsahan PTS yang akan dimasuki," katanya.

Menurut dia, PTS yang tidak memiliki izin pada umumnya selalu memberikan iming-iming beasiswa atau uang pendaftaran gratis kepada calon mahasiswa. "Jika hal itu ditemui, dapat dicek ke Kopertis I Sumut NAD di Jalan Setia Budi Medan," katanya.

Sedangkan mahasiswa yang sudah terlanjur kuliah di PTS yang tidak memiliki izin dapat dialihkan ke PTS lain selama yayasan yang bersangkutan menyerahkannya ke Kopertis.

"Kalau yayasan tidak menyerahkan mahasiswanya ke kami tentu tidak bisa. Kalau sudah diserahkan kami bisa cari solusi agar dialihkan ke PTS lain," katanya.

Sebelumnya, sejumlah anggota Komisi E DPRD Sumut menduga banyak PTS yang tidak memiliki izin beroperasi secara bebas. Bahkan banyak di antaranya hanya menggunakan rumah toko (ruko) untuk tempat perkuliahan.

Karenanya, mereka berharap Kopertis I Sumut-NAD dapat mengidentifikasi PTS-PTS yang tidak memiliki izin tersebut dan segera mengumumkannya ke publik demi kepentingan masyarakat banyak.***mpc-mdn4

Foto: Ilustrasi

 

Film

 

Otomotif

 

Infotainment

Pelawak Jojon Meninggal Dunia

Pelawak Jojon Meninggal Dunia

MedanPunya.Com - Dunia hiburan Indonesia kehilangan salah satu pelawak terbaiknya. Djuhri Masdjan atau yang lebih dikenal sebagai Jojon meninggal

Roger Ditemukan dalam Mobil di Pulogadung, Jarum Suntik Masih Tertancap

Roger Ditemukan dalam Mobil di Pulogadung, Jarum Suntik Masih Tertancap

MedanPunya.Com - Artis sinetron Roger Danuarta ditemukan tidak sadarkan diri dalam mobilnya di Jalan Kayu Putih Tengah, Pulogadung, Jakarta Timur,

 

Gaya Hidup

Kontrol Emosi Rendah Picu Orang Berpendidikan Baik Bisa Jadi Pembunuh

MedanPunya.Com - Pendidikan formal baik yang didapat seseorang tidak menjamin orang tersebut akan berperilaku baik. Berkaca dari kasus pembunuhan Ade Sara Angelina Suroto (19), yang dilakukan oleh Hafiz (19) dan Assyifa Ramadhani (19), mantan kekasih dan teman SMA tega melakukan aksi keji.

"Kalau ora [ ... ]

 

Pendidikan

Benarkah Jam Sekolah Pagi Ganggu Pencernaan Anak? Mendikbud: Aduh Alasan

Jakarta(MedanPunya.Com) Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) menilai jam masuk anak sekolah di DKI Jakarta telah mengorbankan hak-hak anak, termasuk mengganggu pencernaan. Mendikbud M Nuh menilai itu hanya alasan saja.

"Aduh alasan. Orang FSGI (pihak yang menyatakan bisa mengganggu pencernaan anak) [ ... ]

 

Musik

Queen Pecahkan Rekor Album TerlarisQueen Pecahkan Rekor Album Terlaris

MedanPunya.Com - Queen mencatat sejarah dengan menjadi band pertama di Inggris yang berhasil menjual enam juta kopi album.

Koleksi Greatest Hits pertama mereka meliputi lagu We Will Rock You dan Bohemian Rhapsody.

Official Charts Company mengatakan satu dari tiga rumah tangga di Inggris kini memiliki  [ ... ]

 

Teknologi

Rugi Terus, BlackBerry Mau Berhenti Jualan Ponsel

MedanPunya.Com - BlackBerry terus-menerus mengalami kerugian. Pada tiga bulan yang berlangsung hingga 1 Maret lalu, perusahaan tersebut melaporkan kerugian sebesar 423 juta dollar AS. Kuartal sebelumnya, angka kerugian mencapai 4,4 miliar dollar AS.

Jika kerugian terus terjadi, CEO BlackBerry John Ch [ ... ]