Kopertis Sumut - NAD Belum Umumkan PTS Ilegal

Medan(MedanPunya.Com) Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta I Sumatera Utara-Aceh belum berani mengumumkan perguruan tinggi swasta ilegal dikedua provinsi tersebut.

"Kita belum berani mengumumkannya karena ini menyangkut masalah hukum dan juga izin dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti)," ujar Koordinator Kopertis I Sumut-Aceh Prof Nawawy Lubis usai rapat dengar pendapat dengan Komisi E DPRD Sumut di Medan.

Ia menyebutkan, sejauh ini pihaknya baru mengumumkan dua PTS yang tidak memiliki izin, yakni Akademi Kebidanan (Akbid) Jaya Wijaya di jalan Kolam Medan dan Universitas Generasi Muda Medan (UGMM) di jalan Bahagia.

Sedangkan sejumlah PTS lain yang diduga juga tidak berizin belum dapat diumumkan karena alasan prinsip kehati-hatian. "Legal dan ilegal itu menyangkut hukum, kita mesti hati-hati. Sementara Akbid Jaya Wijaya dan UGMM sudah kita laporkan ke polisi," ujar Nawawy.

Ia mengakui banyak PTS di wilayah Sumut-NAD yang tidak memiliki izin. Namun untuk membuktikannya harus melalui penelitian mendalam dan dengan bukti yang kuat.

Untuk mengumumkannya, menurut dia, Kopertis juga harus mendapatkan izin dari Dikti, mengingat akan sangat banyak mahasiswa yang menjadi korban jika operasional PTS-PTS itu tetap dibiarkan.

Karenanya, masyarakat dan calon mahasiswa diminta agar berhati-hati jika mendaftar ke PTS. "Setidaknya mencari tahu keabsahan PTS yang akan dimasuki," katanya.

Menurut dia, PTS yang tidak memiliki izin pada umumnya selalu memberikan iming-iming beasiswa atau uang pendaftaran gratis kepada calon mahasiswa. "Jika hal itu ditemui, dapat dicek ke Kopertis I Sumut NAD di Jalan Setia Budi Medan," katanya.

Sedangkan mahasiswa yang sudah terlanjur kuliah di PTS yang tidak memiliki izin dapat dialihkan ke PTS lain selama yayasan yang bersangkutan menyerahkannya ke Kopertis.

"Kalau yayasan tidak menyerahkan mahasiswanya ke kami tentu tidak bisa. Kalau sudah diserahkan kami bisa cari solusi agar dialihkan ke PTS lain," katanya.

Sebelumnya, sejumlah anggota Komisi E DPRD Sumut menduga banyak PTS yang tidak memiliki izin beroperasi secara bebas. Bahkan banyak di antaranya hanya menggunakan rumah toko (ruko) untuk tempat perkuliahan.

Karenanya, mereka berharap Kopertis I Sumut-NAD dapat mengidentifikasi PTS-PTS yang tidak memiliki izin tersebut dan segera mengumumkannya ke publik demi kepentingan masyarakat banyak.***mpc-mdn4

Foto: Ilustrasi

 

Film

 

Otomotif

 

Infotainment

Lindsay Lohan Buka Suara soal 36 Pria yang Pernah Hubungan Seks Dengannya

Lindsay Lohan Buka Suara soal 36 Pria yang Pernah Hubungan Seks Dengannya

MedanPunya.Com- Awal tahun lalu dunia hiburan Hollywood sempat dihebohkan dengan daftar 36 pria yang pernah berhubungan seks dengan Lindsay Lohan

Terungkap, Robin Williams Mengidap Tahap Awal Parkinson Saat Meninggal

Terungkap, Robin Williams Mengidap Tahap Awal Parkinson Saat Meninggal

MedanPunya.Com - Masalah kesehatan yang dihadapi aktor Robin Williams sebelum meninggal bukan cuma gangguan bipolar dan riwayat operasi jantung. Sang

 

Gaya Hidup

Kontrol Emosi Rendah Picu Orang Berpendidikan Baik Bisa Jadi Pembunuh

MedanPunya.Com - Pendidikan formal baik yang didapat seseorang tidak menjamin orang tersebut akan berperilaku baik. Berkaca dari kasus pembunuhan Ade Sara Angelina Suroto (19), yang dilakukan oleh Hafiz (19) dan Assyifa Ramadhani (19), mantan kekasih dan teman SMA tega melakukan aksi keji.

"Kalau ora [ ... ]

 

Pendidikan

Kurikulum 2013 Ditolak FSGI, Kemendikbud: Perubahan Butuh Proses

Jakarta(MedanPunya.Com) Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) menolak penerapan Kurikulum 2013 sebagai sistem pendidikan di sekolah. Kemendikbud mengatakan perubahan memerlukan proses.

"Itu perlu proses. Perubahan itu tidak bisa 100 persen, justru aneh kalau bisa langsung 100 persen," ujar staf khus [ ... ]

 

Musik

SM Entertainment Menang 8 Penghargaan untuk Desain Sampul AlbumSM Entertainment Menang 8 Penghargaan untuk Desain Sampul Album

MedanPunya.Com - SM Entertainment kembali jadi juara untuk desain sampul album artis-artisnya. Tak hanya satu, total delapan desain sampul album menang di ajang Red Hot Design Award 2014, Jerman.

Ini memang bukan kali pertama manajemen artis seperti EXO dan SNSD itu memenangkan penghargaan untuk desa [ ... ]

 

Teknologi

Prediksi Ilmuan: Tikus Kuasai Dunia, Manusia PunahPrediksi Ilmuan: Tikus Kuasai Dunia, Manusia Punah

MedanPunya.Com - Para ilmuwan percaya jika manusia akan mengalami kepunahan sekali lagi dalam waktu dekat. Namun kali ini tidak akan terjadi karena hantaman asteroid.

Manusia akan punah karena hasil dari kejahatan yang dilakukannya terhadap lingkungan. Pasalnya, perubahan iklim yang terjadi akan memu [ ... ]