Konflik Politik Masih Terjadi 2012

Medan(MedanPunya.Com) Sosiolog Universitas Sumatera Utara, Prof Dr Badaruddin MA, memperkirakan konflik politik dan hukum masih akan terjadi pada 2012 ini, ini disebabkan berlangsungnya kegiatan pemilihan kepala daerah (Pilkada) di sejumlah provinsi di Tanah Air.

"Berbagai konflik politik dan masalah hukum, masih tetap mewarnai pada tahun 2012, tak jauh berbeda seperti yang terjadi pada 2011," katanya di Medan, Kamis (29/12).

Konflik politik yang kemungkinan akan terjadi di berbagai provinsi itu, menurut dia, diharapkan tidak sampai mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), ini harus bisa dihindari dan dijauhi.

"Kita juga tidak ingin dengan adanya kegiatan politik berupa Pilkada itu, justru akan menimbulkan keributan di tengah-tengah masyarakat.Hal ini jangan sampai terjadi, karena jelas akan merugikan masyarakat," kata Guru besar Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Sumatera Utara itu.

Badaruddin mengatakan, untuk tidak terjadinya permasalahan politik dan berujung kepada tindakan melanggar hukum, maka saat digelarnya Pilkada itu nantinya perlu pengamanan ekstra ketat saat dilaksanakannya aktivitas kampanye.

"Aparat keamanan perlu lebih difungsikan untuk melakukan pengamanan di tengah-tengah masyarakat untuk menghindari hal-hal yang tidak diingini," katanya.

Bahkan, jelasnya, aparat yang diterjunkan dalam pengamanan saat Pilkada itu, lebih mengutamakan pendekatan atau persuasif, humanis dan tidak perlu bertindak arogan, karena ini dapat menimbulkan masalah.

Sebab, katanya, kegiatan Pilkada ini juga harus dapat diciptakan suasana yang harmonis dan penuh kekeluargaan.

"Kita juga tidak menginginkan dalam Pilkada itu ada tindakan-tindakan nakal atau orang yang tidak bertanggung jawab mau pun pihak ketiga yang sengaja menimbulkan keributan.Disini lah diperlukan aparat keamanan tersebut," kata Dekan FISIP USU itu.

Lebih jauh dia mengatakan, konflik politik itu juga mewarnai daerah Provinsi Sumatera Utara, karena akan melaksanakan Pilkada atau pemilihan gubernur dan wakil gubernur pada 2013.

Meski pun pemilihan tersebut akan dimulai pada tahun depan, namun suhu politik itu sudah mulai dirasakan pada 2012 ini, dengan adanya berbagai persiapan para calon atau kandidat yang akan dimunculkan.

Selain itu, katanya, partai politik juga akan mempersiapkan siapa-siapa bakal calon gubernur yang akan mereka pinang atau menggunakan kendaraan politik mereka.

Diharapkan Pilkada di Sumut itu, mudah-mudahan tetap dalam suasana kondusif dan tidak ada terjadi keributan atau hal-hal yang tidak diinginkan.

"Pilkada di Sumut pada 2013 itu, tetap berlangsung dalam keadaan aman, kondusif dan terkendali.Ini tidak lain disebabkan kesadaran berpolitik masyarakat di daerah itu sangat tinggi," kata Badaruddin.***mpc/ann/bs

 

Film

 

Otomotif

 

Infotainment

Rumah Ustad Jeffry Al Buchori Terbakar

Rumah Ustad Jeffry Al Buchori Terbakar

MedanPunya.Com - Musibah menimpa keluarga almarhum ustad Jeffry Al Buchori pada pagi dini hari Jumat (20/6). Rumah yang dihuni Umi Pipik dan ketiga

Pelawak Jojon Meninggal Dunia

Pelawak Jojon Meninggal Dunia

MedanPunya.Com - Dunia hiburan Indonesia kehilangan salah satu pelawak terbaiknya. Djuhri Masdjan atau yang lebih dikenal sebagai Jojon meninggal

 

Gaya Hidup

Kontrol Emosi Rendah Picu Orang Berpendidikan Baik Bisa Jadi Pembunuh

MedanPunya.Com - Pendidikan formal baik yang didapat seseorang tidak menjamin orang tersebut akan berperilaku baik. Berkaca dari kasus pembunuhan Ade Sara Angelina Suroto (19), yang dilakukan oleh Hafiz (19) dan Assyifa Ramadhani (19), mantan kekasih dan teman SMA tega melakukan aksi keji.

"Kalau ora [ ... ]

 

Pendidikan

Pakar Pendidikan Tidak Setuju Sistem UN dan Kurikulum Pendidikan Diubah

Jakarta(MedanPunya.Com) Dalam debat putaran keempat antara cawapres Jusuf Kalla (JK) dan Hatta Rajasa, JK menyatakan akan mengevaluasi sistem pelaksanaan UN. Pakar pendidikan Arief Rachman menilai tidak ada yang perlu diubah dari UN ataupun kurikulum pendidikan itu sendiri karena sudah memenuhi syar [ ... ]

 

Musik

Pemilik Nada Asli "tairway to Heaven" Gugat Led Zeppelin

MedanPunya.Com - Lagu Stairway to Heaven adalah salah satu lagu legendaris milik kelompok Led Zeppelin. Namun, siapa sangka kini grup asal Inggris itu digugat karena dianggap menjiplak beberapa bagian dari lagu tersebut.

Dan yang kini menuntut Jimmy Paige dkk adalah grup band yang namanya mungkin tak [ ... ]

 

Teknologi

Hacker Gempur Jutaan Situs Israel

MedanPunya.Com - Para peretas mengutuk serangan Israel ke Gaza. Sebagai bentuk balasan, jutaan serangan pun dilancarkan dedemit maya terhadap situs Israel.

Pasca memanasnya situasi di Gaza, muncul kampanye #OpSaveGaza yang digalakkan oleh hacker anti Israel di internet.

Kampanye ini tak cuma digerakka [ ... ]