Puluhan Napi Koruptur di Lapas Sumut

Medan(MedanPunya.Com) Kepala Divisi Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Sumatera Utara, Elly Lukmansyah mengatakan, puluhan narapidana (napi) dan tahanan koruptor, saat ini masih berada di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan Negara (Rutan) dan Cabang Rutan di wilayah hukum di daerah itu.

"Napi dan tahanan koruptor itu, diperkirakan lebih kurang 80 orang jumlahnya," katanya di Medan, Rabu (4/1).

Dari 80 orang tersebut, menurut dia, napi koruptor sebanyak 34 orang dan 46 adalah tahanan koruptor.

"Napi dan tahanan koruptor yang berada di Lapas, Rutan dan Cabang Rutan, saat ini dalam keadaan sehat," kata Lukmansyah.

Sementara itu, data yang diperoleh di Kantor Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara, jumlah napi dan tahanan tindak pidana korupsi di Lapas, Rutan dan Cabang Rutan di provinsi itu, tercatat lebih kurang 80 orang.

Dari 80 jumlah napi dan tahanan korupsi di Sumut itu, beberapa diantaranya, Lapas Kelas I Medan (3 orang), Rutan Klas I A Medan (8 orang), Lapas Klas II A Wanita Medan ( 2 napi dan 1 tahanan) Lapas II A Binjai (1 napi dan 2 tahanan) dan Rutan Klas II B Tanjung Pura (5 napi dan 4 tahanan).

Lapas II B Lubuk Pakam (3 tahanan), Lapas Klas II A Pematang Siantar ( 2 napi dan 2 tahanan), Lapas Klas II Rantau Prapat (2 napi dan 3 tahanan), Rutan Klas II B Balige (3 napi), Lapas Klas II B Padang Sidempuan (5 tahanan), Lapas Klas II B Panyabungan (2 napi), Lapas Klas II Gunung Sitoli (3 napi dan 11 tahanan), Lapas Klas II Labuhan Ruku (3 napi dan 11 tahanan) dan Rutan Klas B Sidikalang (2 napi).

Sementara itu, dari dari 1.516 jumlah napi di Sumut yang mendapat remisi khusus pada Natal 2011, tidak ada terdapat napi koruptor.

Napi yang paling banyak yang mendapat remisi khusus (pengurangan hukuman) adalah napi yang tersangkut kasus tindak pidana umum.

Tidak diberikannya remisi pada napi yang terlibat dalam kasus korupsi itu, merupakan kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah.

Dari 1.516 jumlah napi di Sumut memperoleh remisi khusus Natal itu, 24 orang diantaranya menghirup udara bebas.

Remisi khusus (pengurangan hukuman) itu diberikan kepada napi yang berkelakuan baik, dan telah menjalani hukuman selam enam bulan.

Remisi tersebut antara 15 hari hingga dua bulan.Pemberian remisi tersebut merupakan penghargaan yang diberikan pemerintah terhadap napi yang merayakan hari besar keagamaan Natal.***mpc/ann/bs

 

Film

 

Otomotif

 

Infotainment

Pelawak Jojon Meninggal Dunia

Pelawak Jojon Meninggal Dunia

MedanPunya.Com - Dunia hiburan Indonesia kehilangan salah satu pelawak terbaiknya. Djuhri Masdjan atau yang lebih dikenal sebagai Jojon meninggal

Roger Ditemukan dalam Mobil di Pulogadung, Jarum Suntik Masih Tertancap

Roger Ditemukan dalam Mobil di Pulogadung, Jarum Suntik Masih Tertancap

MedanPunya.Com - Artis sinetron Roger Danuarta ditemukan tidak sadarkan diri dalam mobilnya di Jalan Kayu Putih Tengah, Pulogadung, Jakarta Timur,

 

Gaya Hidup

Kontrol Emosi Rendah Picu Orang Berpendidikan Baik Bisa Jadi Pembunuh

MedanPunya.Com - Pendidikan formal baik yang didapat seseorang tidak menjamin orang tersebut akan berperilaku baik. Berkaca dari kasus pembunuhan Ade Sara Angelina Suroto (19), yang dilakukan oleh Hafiz (19) dan Assyifa Ramadhani (19), mantan kekasih dan teman SMA tega melakukan aksi keji.

"Kalau ora [ ... ]

 

Pendidikan

Benarkah Jam Sekolah Pagi Ganggu Pencernaan Anak? Mendikbud: Aduh Alasan

Jakarta(MedanPunya.Com) Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) menilai jam masuk anak sekolah di DKI Jakarta telah mengorbankan hak-hak anak, termasuk mengganggu pencernaan. Mendikbud M Nuh menilai itu hanya alasan saja.

"Aduh alasan. Orang FSGI (pihak yang menyatakan bisa mengganggu pencernaan anak) [ ... ]

 

Musik

Queen Pecahkan Rekor Album TerlarisQueen Pecahkan Rekor Album Terlaris

MedanPunya.Com - Queen mencatat sejarah dengan menjadi band pertama di Inggris yang berhasil menjual enam juta kopi album.

Koleksi Greatest Hits pertama mereka meliputi lagu We Will Rock You dan Bohemian Rhapsody.

Official Charts Company mengatakan satu dari tiga rumah tangga di Inggris kini memiliki  [ ... ]

 

Teknologi

Rugi Terus, BlackBerry Mau Berhenti Jualan Ponsel

MedanPunya.Com - BlackBerry terus-menerus mengalami kerugian. Pada tiga bulan yang berlangsung hingga 1 Maret lalu, perusahaan tersebut melaporkan kerugian sebesar 423 juta dollar AS. Kuartal sebelumnya, angka kerugian mencapai 4,4 miliar dollar AS.

Jika kerugian terus terjadi, CEO BlackBerry John Ch [ ... ]