Puluhan Napi Koruptur di Lapas Sumut

Medan(MedanPunya.Com) Kepala Divisi Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Sumatera Utara, Elly Lukmansyah mengatakan, puluhan narapidana (napi) dan tahanan koruptor, saat ini masih berada di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan Negara (Rutan) dan Cabang Rutan di wilayah hukum di daerah itu.

"Napi dan tahanan koruptor itu, diperkirakan lebih kurang 80 orang jumlahnya," katanya di Medan, Rabu (4/1).

Dari 80 orang tersebut, menurut dia, napi koruptor sebanyak 34 orang dan 46 adalah tahanan koruptor.

"Napi dan tahanan koruptor yang berada di Lapas, Rutan dan Cabang Rutan, saat ini dalam keadaan sehat," kata Lukmansyah.

Sementara itu, data yang diperoleh di Kantor Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara, jumlah napi dan tahanan tindak pidana korupsi di Lapas, Rutan dan Cabang Rutan di provinsi itu, tercatat lebih kurang 80 orang.

Dari 80 jumlah napi dan tahanan korupsi di Sumut itu, beberapa diantaranya, Lapas Kelas I Medan (3 orang), Rutan Klas I A Medan (8 orang), Lapas Klas II A Wanita Medan ( 2 napi dan 1 tahanan) Lapas II A Binjai (1 napi dan 2 tahanan) dan Rutan Klas II B Tanjung Pura (5 napi dan 4 tahanan).

Lapas II B Lubuk Pakam (3 tahanan), Lapas Klas II A Pematang Siantar ( 2 napi dan 2 tahanan), Lapas Klas II Rantau Prapat (2 napi dan 3 tahanan), Rutan Klas II B Balige (3 napi), Lapas Klas II B Padang Sidempuan (5 tahanan), Lapas Klas II B Panyabungan (2 napi), Lapas Klas II Gunung Sitoli (3 napi dan 11 tahanan), Lapas Klas II Labuhan Ruku (3 napi dan 11 tahanan) dan Rutan Klas B Sidikalang (2 napi).

Sementara itu, dari dari 1.516 jumlah napi di Sumut yang mendapat remisi khusus pada Natal 2011, tidak ada terdapat napi koruptor.

Napi yang paling banyak yang mendapat remisi khusus (pengurangan hukuman) adalah napi yang tersangkut kasus tindak pidana umum.

Tidak diberikannya remisi pada napi yang terlibat dalam kasus korupsi itu, merupakan kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah.

Dari 1.516 jumlah napi di Sumut memperoleh remisi khusus Natal itu, 24 orang diantaranya menghirup udara bebas.

Remisi khusus (pengurangan hukuman) itu diberikan kepada napi yang berkelakuan baik, dan telah menjalani hukuman selam enam bulan.

Remisi tersebut antara 15 hari hingga dua bulan.Pemberian remisi tersebut merupakan penghargaan yang diberikan pemerintah terhadap napi yang merayakan hari besar keagamaan Natal.***mpc/ann/bs

 

Film

 

Otomotif

 

Infotainment

Lindsay Lohan Buka Suara soal 36 Pria yang Pernah Hubungan Seks Dengannya

Lindsay Lohan Buka Suara soal 36 Pria yang Pernah Hubungan Seks Dengannya

MedanPunya.Com- Awal tahun lalu dunia hiburan Hollywood sempat dihebohkan dengan daftar 36 pria yang pernah berhubungan seks dengan Lindsay Lohan

Terungkap, Robin Williams Mengidap Tahap Awal Parkinson Saat Meninggal

Terungkap, Robin Williams Mengidap Tahap Awal Parkinson Saat Meninggal

MedanPunya.Com - Masalah kesehatan yang dihadapi aktor Robin Williams sebelum meninggal bukan cuma gangguan bipolar dan riwayat operasi jantung. Sang

 

Gaya Hidup

Kontrol Emosi Rendah Picu Orang Berpendidikan Baik Bisa Jadi Pembunuh

MedanPunya.Com - Pendidikan formal baik yang didapat seseorang tidak menjamin orang tersebut akan berperilaku baik. Berkaca dari kasus pembunuhan Ade Sara Angelina Suroto (19), yang dilakukan oleh Hafiz (19) dan Assyifa Ramadhani (19), mantan kekasih dan teman SMA tega melakukan aksi keji.

"Kalau ora [ ... ]

 

Pendidikan

Kurikulum 2013 Ditolak FSGI, Kemendikbud: Perubahan Butuh Proses

Jakarta(MedanPunya.Com) Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) menolak penerapan Kurikulum 2013 sebagai sistem pendidikan di sekolah. Kemendikbud mengatakan perubahan memerlukan proses.

"Itu perlu proses. Perubahan itu tidak bisa 100 persen, justru aneh kalau bisa langsung 100 persen," ujar staf khus [ ... ]

 

Musik

SM Entertainment Menang 8 Penghargaan untuk Desain Sampul AlbumSM Entertainment Menang 8 Penghargaan untuk Desain Sampul Album

MedanPunya.Com - SM Entertainment kembali jadi juara untuk desain sampul album artis-artisnya. Tak hanya satu, total delapan desain sampul album menang di ajang Red Hot Design Award 2014, Jerman.

Ini memang bukan kali pertama manajemen artis seperti EXO dan SNSD itu memenangkan penghargaan untuk desa [ ... ]

 

Teknologi

Prediksi Ilmuan: Tikus Kuasai Dunia, Manusia PunahPrediksi Ilmuan: Tikus Kuasai Dunia, Manusia Punah

MedanPunya.Com - Para ilmuwan percaya jika manusia akan mengalami kepunahan sekali lagi dalam waktu dekat. Namun kali ini tidak akan terjadi karena hantaman asteroid.

Manusia akan punah karena hasil dari kejahatan yang dilakukannya terhadap lingkungan. Pasalnya, perubahan iklim yang terjadi akan memu [ ... ]