NewsTicker

Pelestarian Harimau Sumatera Kurang Diperhatikan

Medan(MedanPunya.Com) Populasi Harimau Sumatera semakin terancam akibat konsep pembangunan Pulau Sumatera yang tidak berorientasi kepada upaya pelestarian satwa liar dihabitatnya.

Koordinator Tiger Heart Sumatera Utara dan Aceh, Siska Handayani di Medan mengatakan Harimau Sumatera merupakan sub-spesies harimau terakhir yang tersisa di Indonesia, setelah Harimau Bali dan Harimau Jawa mengalami kepunahan.

Aktivitas pembukaan lahan hutan, yang tidak memperhatikan berbagai satwa yang hidup di dalamnya telah menimbulkan masalah yang mengancam kelestarian Harimau Sumatera.

Perdagangan ilegal dan meningkatnya konflik antara harimau dengan manusia akhir-akhir ini di beberapa tempat di Pulau Sumatera menambah keterancaman kelestarian harimau Sumatera di habitatnya.

“Hampir seluruh bagian tubuh harimau menjadi koleksi yang paling diincar di pasar gelap. Inilah mengapa perburuan terhadap hewan itu semakin tinggi,” katanya, Rabu (31/7).

Dari berbagai laporan, diketahui bahwa lebih dari 3.990 kilogram tulang harimau diekspor ke Korea Selatan sejak tahun 1970 sampai 1993, yang dijadikan bahan baku obat tradisional China.

Selain itu diperkirakan setidaknya 253 ekor Harimau Sumatera diambil dari habitatnya antara tahun 1983 hingga 2002 dan sebagian besarnya diambil secara ilegal.

Perburuan dan perdagangan ilegal ternyata tidak hanya mengancam keberlangsungan kehidupan dari segi ekosistem saja, namun juga dari sisi ekonomi.

Dirjen Perlindungan Hutan dan konservasi Alam (PHKA) Kementerian Kehutanan menyatakan bahwa negara mengalami kerugian sekitar Rp9 triliun per tahun akibat perburuan dan perdagangan satwa liar ilegal.

“Ini sungguh angka yang sangat fantastis yang tentunya sangat memprihatinkan bagi kita semua,” katanya.

Kepala Sub Direktorat Konservasi Spesies Kemenhut Agus SB Sutito mengakui adanya ancaman atas keberadaan harimau Sumatera atau Panthera Tigris Sumatrae. “Harimau Sumatera umumnya menghadapi dua jenis ancaman untuk bertahan hidup, mereka kehilangan habitat karena tingginya laju deforestasi. Selain itu juga terancam oleh perdagangan illegal di mana bagian-bagian tubuhnya diperjualbelikan dengan harga tinggi di pasar gelap untuk obat-obatan tradisional, perhiasan, jimat dan dekorasi,” papar Agus.***wsp/mpc/bs

 

Film

 

Otomotif

 

Infotainment

Pelawak Jojon Meninggal Dunia

Pelawak Jojon Meninggal Dunia

MedanPunya.Com - Dunia hiburan Indonesia kehilangan salah satu pelawak terbaiknya. Djuhri Masdjan atau yang lebih dikenal sebagai Jojon meninggal

Roger Ditemukan dalam Mobil di Pulogadung, Jarum Suntik Masih Tertancap

Roger Ditemukan dalam Mobil di Pulogadung, Jarum Suntik Masih Tertancap

MedanPunya.Com - Artis sinetron Roger Danuarta ditemukan tidak sadarkan diri dalam mobilnya di Jalan Kayu Putih Tengah, Pulogadung, Jakarta Timur,

 

Gaya Hidup

Kontrol Emosi Rendah Picu Orang Berpendidikan Baik Bisa Jadi Pembunuh

MedanPunya.Com - Pendidikan formal baik yang didapat seseorang tidak menjamin orang tersebut akan berperilaku baik. Berkaca dari kasus pembunuhan Ade Sara Angelina Suroto (19), yang dilakukan oleh Hafiz (19) dan Assyifa Ramadhani (19), mantan kekasih dan teman SMA tega melakukan aksi keji.

"Kalau ora [ ... ]

 

Pendidikan

Benarkah Jam Sekolah Pagi Ganggu Pencernaan Anak? Mendikbud: Aduh Alasan

Jakarta(MedanPunya.Com) Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) menilai jam masuk anak sekolah di DKI Jakarta telah mengorbankan hak-hak anak, termasuk mengganggu pencernaan. Mendikbud M Nuh menilai itu hanya alasan saja.

"Aduh alasan. Orang FSGI (pihak yang menyatakan bisa mengganggu pencernaan anak) [ ... ]

 

Musik

Queen Pecahkan Rekor Album TerlarisQueen Pecahkan Rekor Album Terlaris

MedanPunya.Com - Queen mencatat sejarah dengan menjadi band pertama di Inggris yang berhasil menjual enam juta kopi album.

Koleksi Greatest Hits pertama mereka meliputi lagu We Will Rock You dan Bohemian Rhapsody.

Official Charts Company mengatakan satu dari tiga rumah tangga di Inggris kini memiliki  [ ... ]

 

Teknologi

Rugi Terus, BlackBerry Mau Berhenti Jualan Ponsel

MedanPunya.Com - BlackBerry terus-menerus mengalami kerugian. Pada tiga bulan yang berlangsung hingga 1 Maret lalu, perusahaan tersebut melaporkan kerugian sebesar 423 juta dollar AS. Kuartal sebelumnya, angka kerugian mencapai 4,4 miliar dollar AS.

Jika kerugian terus terjadi, CEO BlackBerry John Ch [ ... ]