Pelestarian Harimau Sumatera Kurang Diperhatikan

Medan(MedanPunya.Com) Populasi Harimau Sumatera semakin terancam akibat konsep pembangunan Pulau Sumatera yang tidak berorientasi kepada upaya pelestarian satwa liar dihabitatnya.

Koordinator Tiger Heart Sumatera Utara dan Aceh, Siska Handayani di Medan mengatakan Harimau Sumatera merupakan sub-spesies harimau terakhir yang tersisa di Indonesia, setelah Harimau Bali dan Harimau Jawa mengalami kepunahan.

Aktivitas pembukaan lahan hutan, yang tidak memperhatikan berbagai satwa yang hidup di dalamnya telah menimbulkan masalah yang mengancam kelestarian Harimau Sumatera.

Perdagangan ilegal dan meningkatnya konflik antara harimau dengan manusia akhir-akhir ini di beberapa tempat di Pulau Sumatera menambah keterancaman kelestarian harimau Sumatera di habitatnya.

“Hampir seluruh bagian tubuh harimau menjadi koleksi yang paling diincar di pasar gelap. Inilah mengapa perburuan terhadap hewan itu semakin tinggi,” katanya, Rabu (31/7).

Dari berbagai laporan, diketahui bahwa lebih dari 3.990 kilogram tulang harimau diekspor ke Korea Selatan sejak tahun 1970 sampai 1993, yang dijadikan bahan baku obat tradisional China.

Selain itu diperkirakan setidaknya 253 ekor Harimau Sumatera diambil dari habitatnya antara tahun 1983 hingga 2002 dan sebagian besarnya diambil secara ilegal.

Perburuan dan perdagangan ilegal ternyata tidak hanya mengancam keberlangsungan kehidupan dari segi ekosistem saja, namun juga dari sisi ekonomi.

Dirjen Perlindungan Hutan dan konservasi Alam (PHKA) Kementerian Kehutanan menyatakan bahwa negara mengalami kerugian sekitar Rp9 triliun per tahun akibat perburuan dan perdagangan satwa liar ilegal.

“Ini sungguh angka yang sangat fantastis yang tentunya sangat memprihatinkan bagi kita semua,” katanya.

Kepala Sub Direktorat Konservasi Spesies Kemenhut Agus SB Sutito mengakui adanya ancaman atas keberadaan harimau Sumatera atau Panthera Tigris Sumatrae. “Harimau Sumatera umumnya menghadapi dua jenis ancaman untuk bertahan hidup, mereka kehilangan habitat karena tingginya laju deforestasi. Selain itu juga terancam oleh perdagangan illegal di mana bagian-bagian tubuhnya diperjualbelikan dengan harga tinggi di pasar gelap untuk obat-obatan tradisional, perhiasan, jimat dan dekorasi,” papar Agus.***wsp/mpc/bs

 

Film

 

Otomotif

 

Infotainment

Lindsay Lohan Buka Suara soal 36 Pria yang Pernah Hubungan Seks Dengannya

Lindsay Lohan Buka Suara soal 36 Pria yang Pernah Hubungan Seks Dengannya

MedanPunya.Com- Awal tahun lalu dunia hiburan Hollywood sempat dihebohkan dengan daftar 36 pria yang pernah berhubungan seks dengan Lindsay Lohan

Terungkap, Robin Williams Mengidap Tahap Awal Parkinson Saat Meninggal

Terungkap, Robin Williams Mengidap Tahap Awal Parkinson Saat Meninggal

MedanPunya.Com - Masalah kesehatan yang dihadapi aktor Robin Williams sebelum meninggal bukan cuma gangguan bipolar dan riwayat operasi jantung. Sang

 

Gaya Hidup

Kontrol Emosi Rendah Picu Orang Berpendidikan Baik Bisa Jadi Pembunuh

MedanPunya.Com - Pendidikan formal baik yang didapat seseorang tidak menjamin orang tersebut akan berperilaku baik. Berkaca dari kasus pembunuhan Ade Sara Angelina Suroto (19), yang dilakukan oleh Hafiz (19) dan Assyifa Ramadhani (19), mantan kekasih dan teman SMA tega melakukan aksi keji.

"Kalau ora [ ... ]

 

Pendidikan

Kurikulum 2013 Ditolak FSGI, Kemendikbud: Perubahan Butuh Proses

Jakarta(MedanPunya.Com) Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) menolak penerapan Kurikulum 2013 sebagai sistem pendidikan di sekolah. Kemendikbud mengatakan perubahan memerlukan proses.

"Itu perlu proses. Perubahan itu tidak bisa 100 persen, justru aneh kalau bisa langsung 100 persen," ujar staf khus [ ... ]

 

Musik

SM Entertainment Menang 8 Penghargaan untuk Desain Sampul AlbumSM Entertainment Menang 8 Penghargaan untuk Desain Sampul Album

MedanPunya.Com - SM Entertainment kembali jadi juara untuk desain sampul album artis-artisnya. Tak hanya satu, total delapan desain sampul album menang di ajang Red Hot Design Award 2014, Jerman.

Ini memang bukan kali pertama manajemen artis seperti EXO dan SNSD itu memenangkan penghargaan untuk desa [ ... ]

 

Teknologi

Prediksi Ilmuan: Tikus Kuasai Dunia, Manusia PunahPrediksi Ilmuan: Tikus Kuasai Dunia, Manusia Punah

MedanPunya.Com - Para ilmuwan percaya jika manusia akan mengalami kepunahan sekali lagi dalam waktu dekat. Namun kali ini tidak akan terjadi karena hantaman asteroid.

Manusia akan punah karena hasil dari kejahatan yang dilakukannya terhadap lingkungan. Pasalnya, perubahan iklim yang terjadi akan memu [ ... ]