2 Oktober, BPJS Disosialisasikan

Medan(MedanPunya.Com) Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, beserta PT Askes melakukan berbagai langkah persiapan dalam rangka pemberlakuan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). Sebagai amanat Undang Undang No24/2011, BPJS memberikan pelayanan kesehatan bagi seluruh warga negara Indonesia harus sudah berlaku pada Januari 2014.

Untuk tahap awal akan dilaksanakan sosialisasi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) pada Kamis, 2 Oktober 20013 yang akan melibatkan pihak Pemerintah Provinsi, SKPD di lingkungan pemerintah provinsi, TNI, Polri, Veteran, Korpri dan DPR. Demikian terungkap dalam pertemuan koordinasi antara Pemprovsu yang diwakili Sekretaris Daerah Provsu, Nurdin Lubis dengan pihak PT Askes yang dipimipin oleh Kepala Kantor Divre -1 Ony Jauhari.

Selanjutnya akan dilaksanakan juga Pertemuan Rekonsiliasi Data Iuran Wajib masih pada Oktober mendatang. Pertemuan rekonsiliasi dimaksud meliputi kawasan Aceh dan Sumut yang diikuti para sekertaris daerah, pejabat pengelola keuangan daerah dan perbendaharaan pada tingkat pemerintah provinsi maupun kabupaten/kota.

Rencananya pada tahap awal pemerintah daerah akan mengalihkan program Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) yang saat ini dijalankan Kementerian Kesehatan ke BPJS. Undang-Undang BPJS mengatur kewajiban negara untuk memberi lima jaminan dasar bagi rakyat. Pelaksanaan UU ini akan dibagi dua yaitu BPJS I akan mengatur tentang jaminan kesehatan dan PT Askes akan dijadikan sebuah badan hukum baru yang bersifat nirlaba.

Selain itu, ada BPJS II yang akan mengatur tentang tunjangan kecelakaan kerja, kematian, pensiun dan tunjangan hari tua. Pelaksanaannya akan dilakukan oleh ke tiga BUMN, yakni PT Jamsostek, Asabri dan Taspen. Sementara BPJS I akan dilaksanakan pada 1 Januari 2014. Sedangkan BPJS II badan hukumnya dibentuk pada 1 Januari 2014 dan selambat-lambatnya pada Juli 2015.

Sekretaris Daerah Provsu mengatakan penyelenggaraan BPJS merupakan upaya pemerintah untuk mewujudkan target MDGS.  Melalui program ini diharapkan tidak ada lagi warga yang ditolak rumah sakit karena tidak memiliki biaya untuk berobat. "Masyarakat  akan dilindungi oleh polis asuransi yang langsung dijamin oleh negara," katanya.

Sementara itu, Ony menjelaskan bahwa pihaknya sedang gencar-gencarnya melakukan sosialisasi ke kabupaten/kota se Sumut. Dalam pertemuan itu, Ony juga mengungkapkan perlunya dilakukan berbagai persiapan untuk penerapan BPJS diantaranya regulasi di tingkat provinsi. Ony menyebutkan perlu penerbitan Peraturan Gubernur tentang Sistem Rjukan Berjenjang yang meliputi kawasan Sumatera Utara.

"Gunanya untuk menerapkan rayonisasi, sehingga masyarakat tidak bertumpuk pada satu rumah sakit saja," katanya. Pemprovsu menurut Sekda akan segera menyusun Pergub dimaksud.***wsp/mpc/bs

 

Film

 

Otomotif

 

Infotainment

Lindsay Lohan Buka Suara soal 36 Pria yang Pernah Hubungan Seks Dengannya

Lindsay Lohan Buka Suara soal 36 Pria yang Pernah Hubungan Seks Dengannya

MedanPunya.Com- Awal tahun lalu dunia hiburan Hollywood sempat dihebohkan dengan daftar 36 pria yang pernah berhubungan seks dengan Lindsay Lohan

Terungkap, Robin Williams Mengidap Tahap Awal Parkinson Saat Meninggal

Terungkap, Robin Williams Mengidap Tahap Awal Parkinson Saat Meninggal

MedanPunya.Com - Masalah kesehatan yang dihadapi aktor Robin Williams sebelum meninggal bukan cuma gangguan bipolar dan riwayat operasi jantung. Sang

 

Gaya Hidup

Kontrol Emosi Rendah Picu Orang Berpendidikan Baik Bisa Jadi Pembunuh

MedanPunya.Com - Pendidikan formal baik yang didapat seseorang tidak menjamin orang tersebut akan berperilaku baik. Berkaca dari kasus pembunuhan Ade Sara Angelina Suroto (19), yang dilakukan oleh Hafiz (19) dan Assyifa Ramadhani (19), mantan kekasih dan teman SMA tega melakukan aksi keji.

"Kalau ora [ ... ]

 

Pendidikan

Kurikulum 2013 Ditolak FSGI, Kemendikbud: Perubahan Butuh Proses

Jakarta(MedanPunya.Com) Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) menolak penerapan Kurikulum 2013 sebagai sistem pendidikan di sekolah. Kemendikbud mengatakan perubahan memerlukan proses.

"Itu perlu proses. Perubahan itu tidak bisa 100 persen, justru aneh kalau bisa langsung 100 persen," ujar staf khus [ ... ]

 

Musik

SM Entertainment Menang 8 Penghargaan untuk Desain Sampul AlbumSM Entertainment Menang 8 Penghargaan untuk Desain Sampul Album

MedanPunya.Com - SM Entertainment kembali jadi juara untuk desain sampul album artis-artisnya. Tak hanya satu, total delapan desain sampul album menang di ajang Red Hot Design Award 2014, Jerman.

Ini memang bukan kali pertama manajemen artis seperti EXO dan SNSD itu memenangkan penghargaan untuk desa [ ... ]

 

Teknologi

Prediksi Ilmuan: Tikus Kuasai Dunia, Manusia PunahPrediksi Ilmuan: Tikus Kuasai Dunia, Manusia Punah

MedanPunya.Com - Para ilmuwan percaya jika manusia akan mengalami kepunahan sekali lagi dalam waktu dekat. Namun kali ini tidak akan terjadi karena hantaman asteroid.

Manusia akan punah karena hasil dari kejahatan yang dilakukannya terhadap lingkungan. Pasalnya, perubahan iklim yang terjadi akan memu [ ... ]