2 Oktober, BPJS Disosialisasikan

Medan(MedanPunya.Com) Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, beserta PT Askes melakukan berbagai langkah persiapan dalam rangka pemberlakuan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). Sebagai amanat Undang Undang No24/2011, BPJS memberikan pelayanan kesehatan bagi seluruh warga negara Indonesia harus sudah berlaku pada Januari 2014.

Untuk tahap awal akan dilaksanakan sosialisasi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) pada Kamis, 2 Oktober 20013 yang akan melibatkan pihak Pemerintah Provinsi, SKPD di lingkungan pemerintah provinsi, TNI, Polri, Veteran, Korpri dan DPR. Demikian terungkap dalam pertemuan koordinasi antara Pemprovsu yang diwakili Sekretaris Daerah Provsu, Nurdin Lubis dengan pihak PT Askes yang dipimipin oleh Kepala Kantor Divre -1 Ony Jauhari.

Selanjutnya akan dilaksanakan juga Pertemuan Rekonsiliasi Data Iuran Wajib masih pada Oktober mendatang. Pertemuan rekonsiliasi dimaksud meliputi kawasan Aceh dan Sumut yang diikuti para sekertaris daerah, pejabat pengelola keuangan daerah dan perbendaharaan pada tingkat pemerintah provinsi maupun kabupaten/kota.

Rencananya pada tahap awal pemerintah daerah akan mengalihkan program Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) yang saat ini dijalankan Kementerian Kesehatan ke BPJS. Undang-Undang BPJS mengatur kewajiban negara untuk memberi lima jaminan dasar bagi rakyat. Pelaksanaan UU ini akan dibagi dua yaitu BPJS I akan mengatur tentang jaminan kesehatan dan PT Askes akan dijadikan sebuah badan hukum baru yang bersifat nirlaba.

Selain itu, ada BPJS II yang akan mengatur tentang tunjangan kecelakaan kerja, kematian, pensiun dan tunjangan hari tua. Pelaksanaannya akan dilakukan oleh ke tiga BUMN, yakni PT Jamsostek, Asabri dan Taspen. Sementara BPJS I akan dilaksanakan pada 1 Januari 2014. Sedangkan BPJS II badan hukumnya dibentuk pada 1 Januari 2014 dan selambat-lambatnya pada Juli 2015.

Sekretaris Daerah Provsu mengatakan penyelenggaraan BPJS merupakan upaya pemerintah untuk mewujudkan target MDGS.  Melalui program ini diharapkan tidak ada lagi warga yang ditolak rumah sakit karena tidak memiliki biaya untuk berobat. "Masyarakat  akan dilindungi oleh polis asuransi yang langsung dijamin oleh negara," katanya.

Sementara itu, Ony menjelaskan bahwa pihaknya sedang gencar-gencarnya melakukan sosialisasi ke kabupaten/kota se Sumut. Dalam pertemuan itu, Ony juga mengungkapkan perlunya dilakukan berbagai persiapan untuk penerapan BPJS diantaranya regulasi di tingkat provinsi. Ony menyebutkan perlu penerbitan Peraturan Gubernur tentang Sistem Rjukan Berjenjang yang meliputi kawasan Sumatera Utara.

"Gunanya untuk menerapkan rayonisasi, sehingga masyarakat tidak bertumpuk pada satu rumah sakit saja," katanya. Pemprovsu menurut Sekda akan segera menyusun Pergub dimaksud.***wsp/mpc/bs

 

Film

 

Otomotif

 

Infotainment

Pelawak Jojon Meninggal Dunia

Pelawak Jojon Meninggal Dunia

MedanPunya.Com - Dunia hiburan Indonesia kehilangan salah satu pelawak terbaiknya. Djuhri Masdjan atau yang lebih dikenal sebagai Jojon meninggal

Roger Ditemukan dalam Mobil di Pulogadung, Jarum Suntik Masih Tertancap

Roger Ditemukan dalam Mobil di Pulogadung, Jarum Suntik Masih Tertancap

MedanPunya.Com - Artis sinetron Roger Danuarta ditemukan tidak sadarkan diri dalam mobilnya di Jalan Kayu Putih Tengah, Pulogadung, Jakarta Timur,

 

Gaya Hidup

Kontrol Emosi Rendah Picu Orang Berpendidikan Baik Bisa Jadi Pembunuh

MedanPunya.Com - Pendidikan formal baik yang didapat seseorang tidak menjamin orang tersebut akan berperilaku baik. Berkaca dari kasus pembunuhan Ade Sara Angelina Suroto (19), yang dilakukan oleh Hafiz (19) dan Assyifa Ramadhani (19), mantan kekasih dan teman SMA tega melakukan aksi keji.

"Kalau ora [ ... ]

 

Pendidikan

Benarkah Jam Sekolah Pagi Ganggu Pencernaan Anak? Mendikbud: Aduh Alasan

Jakarta(MedanPunya.Com) Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) menilai jam masuk anak sekolah di DKI Jakarta telah mengorbankan hak-hak anak, termasuk mengganggu pencernaan. Mendikbud M Nuh menilai itu hanya alasan saja.

"Aduh alasan. Orang FSGI (pihak yang menyatakan bisa mengganggu pencernaan anak) [ ... ]

 

Musik

Queen Pecahkan Rekor Album TerlarisQueen Pecahkan Rekor Album Terlaris

MedanPunya.Com - Queen mencatat sejarah dengan menjadi band pertama di Inggris yang berhasil menjual enam juta kopi album.

Koleksi Greatest Hits pertama mereka meliputi lagu We Will Rock You dan Bohemian Rhapsody.

Official Charts Company mengatakan satu dari tiga rumah tangga di Inggris kini memiliki  [ ... ]

 

Teknologi

Rugi Terus, BlackBerry Mau Berhenti Jualan Ponsel

MedanPunya.Com - BlackBerry terus-menerus mengalami kerugian. Pada tiga bulan yang berlangsung hingga 1 Maret lalu, perusahaan tersebut melaporkan kerugian sebesar 423 juta dollar AS. Kuartal sebelumnya, angka kerugian mencapai 4,4 miliar dollar AS.

Jika kerugian terus terjadi, CEO BlackBerry John Ch [ ... ]