Minimnya PPNS, Norma Ketenagakerjaan Sulit Diawasi

Medan(MedanPunya.Com) Pelanggaran terhadap norma ketenagakerjaan masih sulit dipantau dan diawasi. Sebab, penyebaran tenaga pengawas ketenagakerjaan dan penyidik pegawai negeri sipil (PPNS) di Kota Medan belum merata karena jumlahnya tergolong minim.

Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Dinsosnaker) Kota T Irwansyah mengatakan, dari sekitar 14 orang jumlah tenaga pengawas ketenagakerjaan yang ada, memang sangat tidak cukup memantau dan mengawasi ribuan perusahaan dan ratusan ribu tenaga kerja yang ada di Medan. Sehingga pelanggaran terhadap norma-norma ketenagakerjaan tidak seluruhnya bisa terpantau.

"Kita hanya memiliki 14 orang tenaga pengawas dan baru 8 orang diantaranya yang sudah memiliki sertifikat PPNS. Ini jelas tidak cukup, akibatnya pelanggaran terhadap norma ketenagakejaan masih sulit dipantau," katanya kepada MedanPunya.Com.

Dia menjelaskan, terjadinya pelanggaran norma ketenagakerjaan seperti yang terjadi selama ini misalnya, pemutusan hubungan kerja (PHK) sepihak, pemberian upah di bawah standar, dan pelaggaran hak-hak tenaga kerja lainnya, merupakan dampak dari minimnya personil pengawai pengawas yang ada.

"Tugas pegawai pengawas ketenagakerjaan adalah mengawasi dan menegakkan pelaksanaan peraturan perundang-undangan di bidang ketenagakerjaan. Karena personil kita masih sangat minim maka kepada tenaga kerja dan khususnya perusahaan kita harapkan agar patuh terhadap semua aturan dan perundang-undagan ketenagakerjaan," ujarnya.

Menurutnya Irwansyah, berdasarkan rasio kebutuhan pengawas ketenagakerjaan, satu orang pengawas idealnya mengawasi lima perusahaan dalam 1 bulan atau 10 persen dari jumlah perusahaan yang ada.

"Penerapan pengawasan ketenagakerjaan secara baik dan benar akan berdampak pada meningkatnya ketaatan manajemen perusahaan dan pekerja terhadap hukum ketenagakerjaan, serta memberikan pengaruh positif pada ketenangan bekerja dan memacu produktivitas," katanya.

Irwansayah mengatakan, pengawasan ketenagakerjaan yang dilakukan oleh pegawai pengawas ketenagakerjaan yang mempunyai kompetensi dan independen guna menjamin pelaksanaan peraturan perundang-undangan ketenagakerjaan.

Bahkan, lanjutnya, sesuai UU Nomor 13 Tahun 2003 tentang ketenagakerjaan, tugas dan wewenang PPNS pengawas ketenagakerjaan sudah jelas diatur. "Selain penyidik pejabat kepolisian, kepada pegawai pengawas ketenagakerjaan juga diberi wewenang khusus sebagai penyidik atas pelanggaran norma ketenagakerjaan," tandasnya.***Rep2


 

Film

 

Otomotif

 

Infotainment

Pelawak Jojon Meninggal Dunia

Pelawak Jojon Meninggal Dunia

MedanPunya.Com - Dunia hiburan Indonesia kehilangan salah satu pelawak terbaiknya. Djuhri Masdjan atau yang lebih dikenal sebagai Jojon meninggal

Roger Ditemukan dalam Mobil di Pulogadung, Jarum Suntik Masih Tertancap

Roger Ditemukan dalam Mobil di Pulogadung, Jarum Suntik Masih Tertancap

MedanPunya.Com - Artis sinetron Roger Danuarta ditemukan tidak sadarkan diri dalam mobilnya di Jalan Kayu Putih Tengah, Pulogadung, Jakarta Timur,

 

Gaya Hidup

Kontrol Emosi Rendah Picu Orang Berpendidikan Baik Bisa Jadi Pembunuh

MedanPunya.Com - Pendidikan formal baik yang didapat seseorang tidak menjamin orang tersebut akan berperilaku baik. Berkaca dari kasus pembunuhan Ade Sara Angelina Suroto (19), yang dilakukan oleh Hafiz (19) dan Assyifa Ramadhani (19), mantan kekasih dan teman SMA tega melakukan aksi keji.

"Kalau ora [ ... ]

 

Pendidikan

Benarkah Jam Sekolah Pagi Ganggu Pencernaan Anak? Mendikbud: Aduh Alasan

Jakarta(MedanPunya.Com) Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) menilai jam masuk anak sekolah di DKI Jakarta telah mengorbankan hak-hak anak, termasuk mengganggu pencernaan. Mendikbud M Nuh menilai itu hanya alasan saja.

"Aduh alasan. Orang FSGI (pihak yang menyatakan bisa mengganggu pencernaan anak) [ ... ]

 

Musik

Queen Pecahkan Rekor Album TerlarisQueen Pecahkan Rekor Album Terlaris

MedanPunya.Com - Queen mencatat sejarah dengan menjadi band pertama di Inggris yang berhasil menjual enam juta kopi album.

Koleksi Greatest Hits pertama mereka meliputi lagu We Will Rock You dan Bohemian Rhapsody.

Official Charts Company mengatakan satu dari tiga rumah tangga di Inggris kini memiliki  [ ... ]

 

Teknologi

Rugi Terus, BlackBerry Mau Berhenti Jualan Ponsel

MedanPunya.Com - BlackBerry terus-menerus mengalami kerugian. Pada tiga bulan yang berlangsung hingga 1 Maret lalu, perusahaan tersebut melaporkan kerugian sebesar 423 juta dollar AS. Kuartal sebelumnya, angka kerugian mencapai 4,4 miliar dollar AS.

Jika kerugian terus terjadi, CEO BlackBerry John Ch [ ... ]