Calon Haji Sumut Lunasi BPIH Baru 7.187 Jamaah

Calon jemaah haji Sumatera Utara hingga saat ini yang telah melunaskan biaya penyelenggaraan ibadah haji sudah tercatat sekitar 7.187 orang dari 8.174 jumlah yang akan berangkat ke tanah suci Mekkah.Medan(MedanPunya.Com) Calon jemaah haji Sumatera Utara hingga saat ini yang telah melunaskan biaya penyelenggaraan ibadah haji sudah tercatat sekitar 7.187 orang dari 8.174 jumlah yang akan berangkat ke tanah suci Mekkah.

"Jadi ada sekitar 987 calon jemaah haji lagi yang belum melunaskan biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) tersebut," kata Humas Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Solehuddin di Medan.

Menurut dia, calon jemaah haji yang belum membayar itu, diharapkan dapat secepatnya menyelesaikan tunggakan BPIH tersebut. Dengan demikian, katanya, 8.174 orang kuota calon jemaah haji untuk Sumut itu dapat terpenuhi dan tidak ada kendala.

Sehingga calon jemaah haji Sumut itu cukup jumlahnya dan tidak mengalami kekurangan. "Berarti Sumut akan mengirimkan calon jemaah haji sesuai dengan jumlahnya.Artinya jemaah haji Sumut itu mencukupi dan lengkap," kata Solehuddin.

Ia mengatakan, dari jumlah 7.187 jemaah haji yang telah membayar lunas BPHI itu, Tebing Tinggi (143), Binjai (206),Pematang Siantar (85), Tanjung Balai (153), Sibolga (43), Medan (2.082) , Deli Serdang (284), Karo (21), Langkat (272), Tapteng (81) dan Simalungun (118).

Kemudian, Labuhan Batu (1.391), Dairi (13), Taput (6),Tapsel (879),Asahan (460) Padang Sidempuan (369), Serdang Bedagai (160), Madina (414) Toba Samosir (2) dan Nias (5).

Calon jamaah haji Kabupaten/kota di Sumut yang paling banyak melunaskan BPIH itu, yakni Kota Medan mencapai 2.082 orang, Labuhan Batu 1.391 orang, Tapsel 879 orang, Asahan 460 orang, Madina 414 orang dan Padang Sidempuan 369 orang.

Sedangkan yang paling sedikit adalah calon jemaah haji dari Samosir hanya 2 orang dan Nias 5 orang. "Diharapkan dalam dua pekan ini, calon jemaah haji Sumut itu sudah dapat melunasinya, sehingga tercapai kuota 8.174 orang," kata Solehuddin.

Sebelumnya, Menteri Agama Suryadharma Ali didampingi Sekjen Kemenag Bahrul Hayat dan Dirjen Penyelenggara Ibadah Haji dan Umroh (PUH) Slamet Riyanto, dalam keterangan pers di Jakarta, Senin, mengatakan, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2008 pasal 21 ayat (1) Pemerintah telah menetapkan besaran BPIH tahun 1431H/2010 M melalui Peraturan Presiden Nomor 51 Tahun 2010 tentang Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji.

Ia menjelaskan, bila pada tanggal 30 Agustus 2010 kuota belum terpenuhi, pembayaran pelunasan diperpanjang dari tanggal 31 Agustus sampai dengan 6 September 2010.

Untuk pembayaran pelunasan BPIH 1431H/2010 dilakukan dengan mata uang dolar Amerika atau mata uang rupiah sesuai kurs jual transaksi Bank Indonesia yang berlaku pada hari dan tanggal pembayaran.***mpc-medan/ann/Rep1

 

Film

 

Otomotif

 

Infotainment

Pelawak Jojon Meninggal Dunia

Pelawak Jojon Meninggal Dunia

MedanPunya.Com - Dunia hiburan Indonesia kehilangan salah satu pelawak terbaiknya. Djuhri Masdjan atau yang lebih dikenal sebagai Jojon meninggal

Roger Ditemukan dalam Mobil di Pulogadung, Jarum Suntik Masih Tertancap

Roger Ditemukan dalam Mobil di Pulogadung, Jarum Suntik Masih Tertancap

MedanPunya.Com - Artis sinetron Roger Danuarta ditemukan tidak sadarkan diri dalam mobilnya di Jalan Kayu Putih Tengah, Pulogadung, Jakarta Timur,

 

Gaya Hidup

Kontrol Emosi Rendah Picu Orang Berpendidikan Baik Bisa Jadi Pembunuh

MedanPunya.Com - Pendidikan formal baik yang didapat seseorang tidak menjamin orang tersebut akan berperilaku baik. Berkaca dari kasus pembunuhan Ade Sara Angelina Suroto (19), yang dilakukan oleh Hafiz (19) dan Assyifa Ramadhani (19), mantan kekasih dan teman SMA tega melakukan aksi keji.

"Kalau ora [ ... ]

 

Pendidikan

Benarkah Jam Sekolah Pagi Ganggu Pencernaan Anak? Mendikbud: Aduh Alasan

Jakarta(MedanPunya.Com) Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) menilai jam masuk anak sekolah di DKI Jakarta telah mengorbankan hak-hak anak, termasuk mengganggu pencernaan. Mendikbud M Nuh menilai itu hanya alasan saja.

"Aduh alasan. Orang FSGI (pihak yang menyatakan bisa mengganggu pencernaan anak) [ ... ]

 

Musik

Queen Pecahkan Rekor Album TerlarisQueen Pecahkan Rekor Album Terlaris

MedanPunya.Com - Queen mencatat sejarah dengan menjadi band pertama di Inggris yang berhasil menjual enam juta kopi album.

Koleksi Greatest Hits pertama mereka meliputi lagu We Will Rock You dan Bohemian Rhapsody.

Official Charts Company mengatakan satu dari tiga rumah tangga di Inggris kini memiliki  [ ... ]

 

Teknologi

Rugi Terus, BlackBerry Mau Berhenti Jualan Ponsel

MedanPunya.Com - BlackBerry terus-menerus mengalami kerugian. Pada tiga bulan yang berlangsung hingga 1 Maret lalu, perusahaan tersebut melaporkan kerugian sebesar 423 juta dollar AS. Kuartal sebelumnya, angka kerugian mencapai 4,4 miliar dollar AS.

Jika kerugian terus terjadi, CEO BlackBerry John Ch [ ... ]