Sabtu, 18 November 2017

Ada 350 Ribu Pengguna Narkoba di Sumut

Senin, 13 November 2017 16:28
Beri Rating Berita Ini
(0 votes)

Medan(MedanPunya) Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Daerah Sumut menggandeng Badan Narkotika Nasional (BNN) Daerah Sumatera Utara melaksanakan Dialog Publik bertajuk "Peran Media dalam Menanggulangi Bahaya Penyalahgunaan Narkoba.

Diskusi dilaksanakan di Istana Koki, Jl. Cik Ditiro, Medan, Senin (13/11). Dimana terdapat dua narasumber yaitu Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNN Sumut, Tuangkus Harianja dan Kepala KPI Sumut Parulian Tampubolon.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNN Sumut, Tuangkus Harianja mengatakan dari 14 juta masyarakat Sumut diperkirakan sekitar 350 ribu sebagai pengguna narkoba.

"Di sumut sekitar 14 juta penduduk, dimana ada 33 kabupaten/kota, data BNN memperkirakan ada 350 ribu pengguna narkoba. Ini angka yang cukup tinggi dan miris," jelasnya.

Lebih lanjut, ia memperincikan sekitar 10 ribu orang di setiap kabupaten/kota yang menjadi pengguna. "Hampir 10 ribu perkabupaten/kota pengguna," jelasnya.

Pria bertubuh gempal ini menjelaskan urusan pemberantasan narkoba di Sumut menjadi tugas seluruh elemen masyarakat termasuk media.

"Ini kerja kita bersama, tidak cukup hanya BNN dan kepolisian di Sumut yang bekerja. Di Sumut ada 17 media televisi dan puluhan surat kabar baik cetak maupun online. Disini fungsi media untuk memberikan informasi yang mendidik agar masyarakat mulai menjauhi narkoba dengan tayangan-tayangan yang menarik," jelasnya.

Harianja menambahkan selain memberikan tayangan anti narkoba, media juga dapat mendesak kepala daerah baik Gubernur maupun Walikota/bupati untuk memfasilitasi pencegahan penyalahgunaan narkotika di provinsi dan kabupaten/kota di wilayahnya.***trb/mpc/bs

Dibaca 37 Kali