Askes Kekurangan Obat Bagi PNS

Medan(MedanPunya.Com) Pihak terkait, PT Askes (Persero) Cabang Utama Medan, bersama manajemen Rumah Sakit Umum dr Pirngadi Medan serta apotek untuk menyelesaikan persoalan kekurangan obat PNS pengguna Askes. Rapat ini dijadwalkan besok (22/9).

Ini menyahuti laporan Wakil Wali Kota Dzulmi Edlin yang melakukan inspeksi mendadak di hari perdana PNS masuk usai lebaran di RSU dr Pirngadi, 15 September lalu. Saat itu, Eldin mengatakan menerima laporan dari pegawai PNS pengguna Askes, sering kali tidak mendapatkan obat sesuai yang diresepkan dokter dengan alasan stok obat habis.

Manajer Askes di RSU dr Pirngadi, Rita, mengatakan usai menerima laporan tersebut, pihaknya bersama rumah sakit dan apotek sudah bicara, dan besok akan menggelar rapat.

"Kita dan pihak apotek sudah siap, dan manajemen rumah sakit yang meminta Rabu. Nanti di sana akan dibahas solusi dan apa persoalan yang sebenarnya. Sebab dalam laporan pak Waki Walikota, kita sebenarnya tidak menerima keterangan yang lengkap. Hanya saja seharusnya tidak perlu sampai ke pak Wakil Walikota, kalau saja mau mendatangi Askes Center, kita bisa jelaskan ke pasien tersebut," jelasnya di kantor PT Askes Cabang Utama.

Dr Leni Marlyna, Kepala Seksi Jaminan Pelayanan Kesehatan PT Askes Cabang Utama Medan menjelaskan selama ini sebenarnya persoalan kekurangan obat atau obat tidak sesuai resep bukan masalah baru, tiap tahun itu yang menjadi bahasan, hanya saja sejatinya PT Askes bukannya tidak memberikan pelayanan atau obat.

"Namun semua pelayanan dan obat sesuai dengan daftar plafon harga obat (DPHO) yang berlaku tiap tahun, di dalam aturan tersebut kita harus mematuhi kapan saja obat dan berapa yang diberikan. Sering kali, masalah terjadi, karena pasien yang saat diresepkan dokter datang berobat sebelum waktunya," tukasnya.

Selain itu, pihaknya tidak menuding dokter meresepkan dengan salah dan tidak sesuai ketentuan peserta Askes, namun pihaknya memang memiliki keterbatasan pemberian obat. "Dari aturan kami tidak akan memberikan obat lebih dari 1 per hari, jika melebihi itu maka akan jebol (biaya). Semua sudah tertera dalam DPHO, kesehatan pasien segalanya. Dalam penyusunan DPHO itu juga diikuti para pakar kesehatan, dimana bisa mengcover nilai asuransinya dan rasionalitas pemberian obat," ungkapnya.

Dijelaskannya, PT Askes Cabang Utama Medan mendapatkan anggaran Rp167 miliar tahun ini, dimana 65 persen sudah dibayarkan untuk klaim di rumah sakit provider. "Sedangkan ada penyakit-penyakit berat atau dianggap tidak sembuh, dibantu pemerintah, anggarannya bedam seperti jantung, kanker, gagal ginjal terimal, talasemia, dan hemofilia. Bayangkan saja satu kali operasi jantung bisa mencapau Rp100 juta," timpalnya.

Selama ini, dalam pelayanan Askes, ada beberapa penyakit banyak pasiennya. "Seperti diabetes mellitus, hipertensi, dyspepsia, ISPA, gigi, bronchitis, jantung," pungkasnya. ***mpc-mdn9

 

Film

 

Otomotif

 

Infotainment

Lindsay Lohan Buka Suara soal 36 Pria yang Pernah Hubungan Seks Dengannya

Lindsay Lohan Buka Suara soal 36 Pria yang Pernah Hubungan Seks Dengannya

MedanPunya.Com- Awal tahun lalu dunia hiburan Hollywood sempat dihebohkan dengan daftar 36 pria yang pernah berhubungan seks dengan Lindsay Lohan

Terungkap, Robin Williams Mengidap Tahap Awal Parkinson Saat Meninggal

Terungkap, Robin Williams Mengidap Tahap Awal Parkinson Saat Meninggal

MedanPunya.Com - Masalah kesehatan yang dihadapi aktor Robin Williams sebelum meninggal bukan cuma gangguan bipolar dan riwayat operasi jantung. Sang

 

Gaya Hidup

Kontrol Emosi Rendah Picu Orang Berpendidikan Baik Bisa Jadi Pembunuh

MedanPunya.Com - Pendidikan formal baik yang didapat seseorang tidak menjamin orang tersebut akan berperilaku baik. Berkaca dari kasus pembunuhan Ade Sara Angelina Suroto (19), yang dilakukan oleh Hafiz (19) dan Assyifa Ramadhani (19), mantan kekasih dan teman SMA tega melakukan aksi keji.

"Kalau ora [ ... ]

 

Pendidikan

Pak Guru Siap Sukseskan Kurikulum 2013

Jakarta(MedanPunya.Com) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menerapkan kurikulum 2013 sejak tahun lalu. Tahun ini pelaksanaan kurikulum tersebut akan dilakukan secara menyeluruh dan bertahap.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh pada jumpa pers implementasi Kurikulum 201 [ ... ]

 

Musik

SM Entertainment Menang 8 Penghargaan untuk Desain Sampul AlbumSM Entertainment Menang 8 Penghargaan untuk Desain Sampul Album

MedanPunya.Com - SM Entertainment kembali jadi juara untuk desain sampul album artis-artisnya. Tak hanya satu, total delapan desain sampul album menang di ajang Red Hot Design Award 2014, Jerman.

Ini memang bukan kali pertama manajemen artis seperti EXO dan SNSD itu memenangkan penghargaan untuk desa [ ... ]

 

Teknologi

Prediksi Ilmuan: Tikus Kuasai Dunia, Manusia PunahPrediksi Ilmuan: Tikus Kuasai Dunia, Manusia Punah

MedanPunya.Com - Para ilmuwan percaya jika manusia akan mengalami kepunahan sekali lagi dalam waktu dekat. Namun kali ini tidak akan terjadi karena hantaman asteroid.

Manusia akan punah karena hasil dari kejahatan yang dilakukannya terhadap lingkungan. Pasalnya, perubahan iklim yang terjadi akan memu [ ... ]