Askes Kekurangan Obat Bagi PNS

Medan(MedanPunya.Com) Pihak terkait, PT Askes (Persero) Cabang Utama Medan, bersama manajemen Rumah Sakit Umum dr Pirngadi Medan serta apotek untuk menyelesaikan persoalan kekurangan obat PNS pengguna Askes. Rapat ini dijadwalkan besok (22/9).

Ini menyahuti laporan Wakil Wali Kota Dzulmi Edlin yang melakukan inspeksi mendadak di hari perdana PNS masuk usai lebaran di RSU dr Pirngadi, 15 September lalu. Saat itu, Eldin mengatakan menerima laporan dari pegawai PNS pengguna Askes, sering kali tidak mendapatkan obat sesuai yang diresepkan dokter dengan alasan stok obat habis.

Manajer Askes di RSU dr Pirngadi, Rita, mengatakan usai menerima laporan tersebut, pihaknya bersama rumah sakit dan apotek sudah bicara, dan besok akan menggelar rapat.

"Kita dan pihak apotek sudah siap, dan manajemen rumah sakit yang meminta Rabu. Nanti di sana akan dibahas solusi dan apa persoalan yang sebenarnya. Sebab dalam laporan pak Waki Walikota, kita sebenarnya tidak menerima keterangan yang lengkap. Hanya saja seharusnya tidak perlu sampai ke pak Wakil Walikota, kalau saja mau mendatangi Askes Center, kita bisa jelaskan ke pasien tersebut," jelasnya di kantor PT Askes Cabang Utama.

Dr Leni Marlyna, Kepala Seksi Jaminan Pelayanan Kesehatan PT Askes Cabang Utama Medan menjelaskan selama ini sebenarnya persoalan kekurangan obat atau obat tidak sesuai resep bukan masalah baru, tiap tahun itu yang menjadi bahasan, hanya saja sejatinya PT Askes bukannya tidak memberikan pelayanan atau obat.

"Namun semua pelayanan dan obat sesuai dengan daftar plafon harga obat (DPHO) yang berlaku tiap tahun, di dalam aturan tersebut kita harus mematuhi kapan saja obat dan berapa yang diberikan. Sering kali, masalah terjadi, karena pasien yang saat diresepkan dokter datang berobat sebelum waktunya," tukasnya.

Selain itu, pihaknya tidak menuding dokter meresepkan dengan salah dan tidak sesuai ketentuan peserta Askes, namun pihaknya memang memiliki keterbatasan pemberian obat. "Dari aturan kami tidak akan memberikan obat lebih dari 1 per hari, jika melebihi itu maka akan jebol (biaya). Semua sudah tertera dalam DPHO, kesehatan pasien segalanya. Dalam penyusunan DPHO itu juga diikuti para pakar kesehatan, dimana bisa mengcover nilai asuransinya dan rasionalitas pemberian obat," ungkapnya.

Dijelaskannya, PT Askes Cabang Utama Medan mendapatkan anggaran Rp167 miliar tahun ini, dimana 65 persen sudah dibayarkan untuk klaim di rumah sakit provider. "Sedangkan ada penyakit-penyakit berat atau dianggap tidak sembuh, dibantu pemerintah, anggarannya bedam seperti jantung, kanker, gagal ginjal terimal, talasemia, dan hemofilia. Bayangkan saja satu kali operasi jantung bisa mencapau Rp100 juta," timpalnya.

Selama ini, dalam pelayanan Askes, ada beberapa penyakit banyak pasiennya. "Seperti diabetes mellitus, hipertensi, dyspepsia, ISPA, gigi, bronchitis, jantung," pungkasnya. ***mpc-mdn9

 

Film

 

Otomotif

 

Infotainment

Pelawak Jojon Meninggal Dunia

Pelawak Jojon Meninggal Dunia

MedanPunya.Com - Dunia hiburan Indonesia kehilangan salah satu pelawak terbaiknya. Djuhri Masdjan atau yang lebih dikenal sebagai Jojon meninggal

Roger Ditemukan dalam Mobil di Pulogadung, Jarum Suntik Masih Tertancap

Roger Ditemukan dalam Mobil di Pulogadung, Jarum Suntik Masih Tertancap

MedanPunya.Com - Artis sinetron Roger Danuarta ditemukan tidak sadarkan diri dalam mobilnya di Jalan Kayu Putih Tengah, Pulogadung, Jakarta Timur,

 

Gaya Hidup

Kontrol Emosi Rendah Picu Orang Berpendidikan Baik Bisa Jadi Pembunuh

MedanPunya.Com - Pendidikan formal baik yang didapat seseorang tidak menjamin orang tersebut akan berperilaku baik. Berkaca dari kasus pembunuhan Ade Sara Angelina Suroto (19), yang dilakukan oleh Hafiz (19) dan Assyifa Ramadhani (19), mantan kekasih dan teman SMA tega melakukan aksi keji.

"Kalau ora [ ... ]

 

Pendidikan

Benarkah Jam Sekolah Pagi Ganggu Pencernaan Anak? Mendikbud: Aduh Alasan

Jakarta(MedanPunya.Com) Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) menilai jam masuk anak sekolah di DKI Jakarta telah mengorbankan hak-hak anak, termasuk mengganggu pencernaan. Mendikbud M Nuh menilai itu hanya alasan saja.

"Aduh alasan. Orang FSGI (pihak yang menyatakan bisa mengganggu pencernaan anak) [ ... ]

 

Musik

Queen Pecahkan Rekor Album TerlarisQueen Pecahkan Rekor Album Terlaris

MedanPunya.Com - Queen mencatat sejarah dengan menjadi band pertama di Inggris yang berhasil menjual enam juta kopi album.

Koleksi Greatest Hits pertama mereka meliputi lagu We Will Rock You dan Bohemian Rhapsody.

Official Charts Company mengatakan satu dari tiga rumah tangga di Inggris kini memiliki  [ ... ]

 

Teknologi

Rugi Terus, BlackBerry Mau Berhenti Jualan Ponsel

MedanPunya.Com - BlackBerry terus-menerus mengalami kerugian. Pada tiga bulan yang berlangsung hingga 1 Maret lalu, perusahaan tersebut melaporkan kerugian sebesar 423 juta dollar AS. Kuartal sebelumnya, angka kerugian mencapai 4,4 miliar dollar AS.

Jika kerugian terus terjadi, CEO BlackBerry John Ch [ ... ]