Methodist-2 Education Expo 2010

Medan(MedanPunya.Com) Perguruan SMA Swasta Methodist-2 Medan menggelar Methodist-2 Education Expo 2010 ke-8 Lomba Sains Plus antarpelajar tingkat SMA se-Sumatra Utara memperebutkan piala Gubernur diikuti 31 perguruan tinggi dalam negeri maupun luar negeri.

Ketua Panitia Pelaksana Methodist-2 Expo Bob S Saragih mengatakan acara jumlah peserta untuk lomba sain plus sebanyak 1.493 orang dari 20 kabupaten/kota seperti dari Pematangsiantar, Tanjungbalai, Binjai, Tebingtinggi, Deliserdang, Langkat, Tanah Karo, Simalungun, Asahan, Labuhanbatu, Tapanuli Selatan, Dairi, Tobasa, Madina, Kisaran, Samosir, Sergei, Sidikalang, Rantauparapat dan Medan.

Sementara, pemeran internasional ke-10 (Pendidikan tinggi dalam dan luar negeri) diikuti 31 institusi pendidikan seperti Singapore, Malaysia, Australia, China, Taiwan, Amerika, Jepang, Ukraina dan Indonesia.

Bob menjelaskan, kegiatan ini merupakan salah satu alat untuk mengukuhkan keberhasilan siswa-siswi terhadap ilmu-ilmu dasar dan sebagai ajang kompetensi keilmuan sehingga melalui kegiatan ilmiah ini para siswa dapat dipenuhi rasa keingintahuannya serta meningkatkan krestivitas sistematika berpikir (nalar).

Dapat menciptakan suasana kompetisi yang sehat antarsiswa dibidang sains untuk kimia, fisika, matematika dan bahasa inggris, katanya.

Lomba sains plus antarpelajar tingkat SMA se-Sumatra Utara ini dilaksanakan oleh guru-guru MIPA dan Bahasa Inggris Swasta Methodist-2 science dan english community bekerja sama dengan lembaga Olimpiade Pendidikan Indonesia (LOPI), yang berlangsung Jumat-Sabtu (12-13/3). Selain itu, diselenggarakan seminar Guru Nasional ke-4.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumut, Bahrumsyah mengatakan, dunia pendidikan merupakan dunia yang sangat komplek menantang dan mulia. Di mana pergeseran paradigma yang memiliki hak belajar dari wajib belajar 9 tahun menjadi 9 tahun.

Bahrumsyah mengatakan Sumut memiliki prestasi yang cukup membanggakan dalam setiap pelaksanaan OSN (Olimpiade Sains Nasional) dan hal ini dibuktikan oleh siswa-siswi dari Sumut yang meraih medali saat mewakili Indonesia dalam ajang olimpiade sains ditingkat dunia.

Bahrumsyah menjelaskan, perekrutan instruktur OSN dari berbagai stakeholder pendidikan anatar guru yang pernah membina siswa-siswi dalam OSN Nasional maupun internasional, dosen ITB, UI, USU dan Unimed para Alumni kejuaraan OSN baik tingkat nasional maupun internasional. Pembinaan bagi guru pembina OSN tingkat kabupaten/kota di provinsi Sumut.

Perekrutan siswa-siswi peserta OSN dengan tes potensi akademik yang akan dibantu oleh tim psikologis, pembinaan peserta OSN sebelum mengikuti OSN provinsi dan OSN pusat, ungkapnya.

Dia menambahkan, skala prioritas pembangunan pendidikan di Sumut tahun 2010 melaksanakan UN (Ujian Nasional) untuk semua jenjang pendidikan, sebagai tuan OSN ke-IX, penerapan sekolah binaan Disdiksu untuk jenjang SD, SMP, SMA dan SMK.

Penerapan TV on Demand untuk 200 satuan pendidikan jenjang SD, pembentukan SMK model terintegrasi dengan BLPT Sumut dan petunjuk pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (P2DB) serta penerapan 1 guru 1 laptop (one teacher and one laptop).***Rep2


Medan

Pengerjaan Lahan Belum Selesai, TPA Terjun Terlihat Sepi

Medan(MedanPunya.Com) Tempat Pembuangan Sampah (TPA) Terjun, Medan Marelan, Rabu (20/8), masih sepi dari aktivitas. Artinya, tak banyak mobil pengangkut sampah dari Kota Medan yang masuk ke TPA. Alhas...

Sumut

Ismi Mengamuk Lagi

Pematangsiantar(MedanPunya.Com) Terdakwa kasus penipuan, penculikan, dan perampasan hak milik Briptu Idran Ismi kembali mengamuk, Rabu (20/8) di ruang tahanan Pengadilan Negeri Pematangsiantar.Seperti...

Olahraga

Rusia Tolak Permintaan FIFA Kurangi Venue Paiala Dunia 2018

Moskow(MedanPunya.Com) Rusia menolak permintaan FIFA agar mengurangi jumlah stadion yang akan digunakan pada Piala Dunia 2018. Pemerintah Negeri Beruang Merah itu tetap pada pendiriannya, yakni menyia...

 

Film

 

Otomotif

 

Infotainment

Lindsay Lohan Buka Suara soal 36 Pria yang Pernah Hubungan Seks Dengannya

Lindsay Lohan Buka Suara soal 36 Pria yang Pernah Hubungan Seks Dengannya

MedanPunya.Com- Awal tahun lalu dunia hiburan Hollywood sempat dihebohkan dengan daftar 36 pria yang pernah berhubungan seks dengan Lindsay Lohan

Terungkap, Robin Williams Mengidap Tahap Awal Parkinson Saat Meninggal

Terungkap, Robin Williams Mengidap Tahap Awal Parkinson Saat Meninggal

MedanPunya.Com - Masalah kesehatan yang dihadapi aktor Robin Williams sebelum meninggal bukan cuma gangguan bipolar dan riwayat operasi jantung. Sang

Cuaca Hari Ini

Light Rain

24°C

Medan, Sumatera Utara

Light Rain

  • 21 Aug 2014

    Thunderstorms 31°C 23°C

  • 22 Aug 2014

    PM Thunderstorms 29°C 23°C

 

Gaya Hidup

Kontrol Emosi Rendah Picu Orang Berpendidikan Baik Bisa Jadi Pembunuh

MedanPunya.Com - Pendidikan formal baik yang didapat seseorang tidak menjamin orang tersebut akan berperilaku baik. Berkaca dari kasus pembunuhan Ade Sara Angelina Suroto (19), yang dilakukan oleh Hafiz (19) dan Assyifa Ramadhani (19), mantan kekasih dan teman SMA tega melakukan aksi keji.

"Kalau ora [ ... ]

 

Pendidikan

Pak Guru Siap Sukseskan Kurikulum 2013

Jakarta(MedanPunya.Com) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menerapkan kurikulum 2013 sejak tahun lalu. Tahun ini pelaksanaan kurikulum tersebut akan dilakukan secara menyeluruh dan bertahap.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh pada jumpa pers implementasi Kurikulum 201 [ ... ]

 

Musik

SM Entertainment Menang 8 Penghargaan untuk Desain Sampul AlbumSM Entertainment Menang 8 Penghargaan untuk Desain Sampul Album

MedanPunya.Com - SM Entertainment kembali jadi juara untuk desain sampul album artis-artisnya. Tak hanya satu, total delapan desain sampul album menang di ajang Red Hot Design Award 2014, Jerman.

Ini memang bukan kali pertama manajemen artis seperti EXO dan SNSD itu memenangkan penghargaan untuk desa [ ... ]

 

Teknologi

Prediksi Ilmuan: Tikus Kuasai Dunia, Manusia PunahPrediksi Ilmuan: Tikus Kuasai Dunia, Manusia Punah

MedanPunya.Com - Para ilmuwan percaya jika manusia akan mengalami kepunahan sekali lagi dalam waktu dekat. Namun kali ini tidak akan terjadi karena hantaman asteroid.

Manusia akan punah karena hasil dari kejahatan yang dilakukannya terhadap lingkungan. Pasalnya, perubahan iklim yang terjadi akan memu [ ... ]