Methodist-2 Education Expo 2010

Medan(MedanPunya.Com) Perguruan SMA Swasta Methodist-2 Medan menggelar Methodist-2 Education Expo 2010 ke-8 Lomba Sains Plus antarpelajar tingkat SMA se-Sumatra Utara memperebutkan piala Gubernur diikuti 31 perguruan tinggi dalam negeri maupun luar negeri.

Ketua Panitia Pelaksana Methodist-2 Expo Bob S Saragih mengatakan acara jumlah peserta untuk lomba sain plus sebanyak 1.493 orang dari 20 kabupaten/kota seperti dari Pematangsiantar, Tanjungbalai, Binjai, Tebingtinggi, Deliserdang, Langkat, Tanah Karo, Simalungun, Asahan, Labuhanbatu, Tapanuli Selatan, Dairi, Tobasa, Madina, Kisaran, Samosir, Sergei, Sidikalang, Rantauparapat dan Medan.

Sementara, pemeran internasional ke-10 (Pendidikan tinggi dalam dan luar negeri) diikuti 31 institusi pendidikan seperti Singapore, Malaysia, Australia, China, Taiwan, Amerika, Jepang, Ukraina dan Indonesia.

Bob menjelaskan, kegiatan ini merupakan salah satu alat untuk mengukuhkan keberhasilan siswa-siswi terhadap ilmu-ilmu dasar dan sebagai ajang kompetensi keilmuan sehingga melalui kegiatan ilmiah ini para siswa dapat dipenuhi rasa keingintahuannya serta meningkatkan krestivitas sistematika berpikir (nalar).

Dapat menciptakan suasana kompetisi yang sehat antarsiswa dibidang sains untuk kimia, fisika, matematika dan bahasa inggris, katanya.

Lomba sains plus antarpelajar tingkat SMA se-Sumatra Utara ini dilaksanakan oleh guru-guru MIPA dan Bahasa Inggris Swasta Methodist-2 science dan english community bekerja sama dengan lembaga Olimpiade Pendidikan Indonesia (LOPI), yang berlangsung Jumat-Sabtu (12-13/3). Selain itu, diselenggarakan seminar Guru Nasional ke-4.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumut, Bahrumsyah mengatakan, dunia pendidikan merupakan dunia yang sangat komplek menantang dan mulia. Di mana pergeseran paradigma yang memiliki hak belajar dari wajib belajar 9 tahun menjadi 9 tahun.

Bahrumsyah mengatakan Sumut memiliki prestasi yang cukup membanggakan dalam setiap pelaksanaan OSN (Olimpiade Sains Nasional) dan hal ini dibuktikan oleh siswa-siswi dari Sumut yang meraih medali saat mewakili Indonesia dalam ajang olimpiade sains ditingkat dunia.

Bahrumsyah menjelaskan, perekrutan instruktur OSN dari berbagai stakeholder pendidikan anatar guru yang pernah membina siswa-siswi dalam OSN Nasional maupun internasional, dosen ITB, UI, USU dan Unimed para Alumni kejuaraan OSN baik tingkat nasional maupun internasional. Pembinaan bagi guru pembina OSN tingkat kabupaten/kota di provinsi Sumut.

Perekrutan siswa-siswi peserta OSN dengan tes potensi akademik yang akan dibantu oleh tim psikologis, pembinaan peserta OSN sebelum mengikuti OSN provinsi dan OSN pusat, ungkapnya.

Dia menambahkan, skala prioritas pembangunan pendidikan di Sumut tahun 2010 melaksanakan UN (Ujian Nasional) untuk semua jenjang pendidikan, sebagai tuan OSN ke-IX, penerapan sekolah binaan Disdiksu untuk jenjang SD, SMP, SMA dan SMK.

Penerapan TV on Demand untuk 200 satuan pendidikan jenjang SD, pembentukan SMK model terintegrasi dengan BLPT Sumut dan petunjuk pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (P2DB) serta penerapan 1 guru 1 laptop (one teacher and one laptop).***Rep2


Medan

Copa Coffe Dibobol Kawanan Maling

Medan(MedanPunya.Com) Aksi pencurian di Kota Medan seakan tak ada habisnya. Kali ini, kawanan maling yang ditaksir lebih dari satu orang membobol Copa Coffe yang berada di Jalan Mustafa, Kelurahan Glu...

Sumut

Saksi Eva Ngaku Keberatan Jadi Saksi di BAP

Pematangsiantar(MedanPunya.Com) Saksi dalam sidang lanjutan kasus penipuan, pemerasan, dan perampasan hak milik dengan terdakwa Briptu Idran Ismi dkk, Eva Nora, mengaku keberatan menjadi saksi dalam B...

 

Film

 

Otomotif

 

Infotainment

Rumah Ustad Jeffry Al Buchori Terbakar

Rumah Ustad Jeffry Al Buchori Terbakar

MedanPunya.Com - Musibah menimpa keluarga almarhum ustad Jeffry Al Buchori pada pagi dini hari Jumat (20/6). Rumah yang dihuni Umi Pipik dan ketiga

Pelawak Jojon Meninggal Dunia

Pelawak Jojon Meninggal Dunia

MedanPunya.Com - Dunia hiburan Indonesia kehilangan salah satu pelawak terbaiknya. Djuhri Masdjan atau yang lebih dikenal sebagai Jojon meninggal

Cuaca Hari Ini

Haze

29°C

Medan, Sumatera Utara

Haze

  • 31 Jul 2014

    Mostly Cloudy 29°C 23°C

  • 1 Aug 2014

    PM Thunderstorms 31°C 23°C

 

Gaya Hidup

Kontrol Emosi Rendah Picu Orang Berpendidikan Baik Bisa Jadi Pembunuh

MedanPunya.Com - Pendidikan formal baik yang didapat seseorang tidak menjamin orang tersebut akan berperilaku baik. Berkaca dari kasus pembunuhan Ade Sara Angelina Suroto (19), yang dilakukan oleh Hafiz (19) dan Assyifa Ramadhani (19), mantan kekasih dan teman SMA tega melakukan aksi keji.

"Kalau ora [ ... ]

 

Pendidikan

Pakar Pendidikan Tidak Setuju Sistem UN dan Kurikulum Pendidikan Diubah

Jakarta(MedanPunya.Com) Dalam debat putaran keempat antara cawapres Jusuf Kalla (JK) dan Hatta Rajasa, JK menyatakan akan mengevaluasi sistem pelaksanaan UN. Pakar pendidikan Arief Rachman menilai tidak ada yang perlu diubah dari UN ataupun kurikulum pendidikan itu sendiri karena sudah memenuhi syar [ ... ]

 

Musik

Pemilik Nada Asli "tairway to Heaven" Gugat Led Zeppelin

MedanPunya.Com - Lagu Stairway to Heaven adalah salah satu lagu legendaris milik kelompok Led Zeppelin. Namun, siapa sangka kini grup asal Inggris itu digugat karena dianggap menjiplak beberapa bagian dari lagu tersebut.

Dan yang kini menuntut Jimmy Paige dkk adalah grup band yang namanya mungkin tak [ ... ]

 

Teknologi

BlackBerry Passport Ada Versi PutihnyaBlackBerry Passport Ada Versi Putihnya

MedanPunya.Com - Smartphone BlackBerry "kotak" yang diberi nama BlackBerry Passport akan segera dirilis pada September mendatang. Kabar terbaru, selain warna hitam, BlackBerry juga akan menyediakan unit BlackBerry Passport dalam balutan warna putih

Strategi dengan merilis gadget dengan Warna putih me [ ... ]