Visi-Misi Calon Walikota Medan 2010-2015

Medan(MedanPunya.Com) Tingkat pemilikan pendidikan penduduk yang relatif rendah termasuk pada jenjang pendidikan tinggi, berpengaruh pula pada rendahnya daya serap atau adaptabilitas masyarakat terhadap teknologi. Dan ini berdampak pada kurang berkembangnya teknologi, sehingga kurang mendukung pertumbuhan ekonomi.

Pemaparan tersebut dikatakan Calon Walikota Medan Sigit Pramono Asri, pada Rapat Paripurna Istimewa  DPRD Kota Medan, dalam rangka mendengarkan penyampaian Visi Misi dan Program Calon Walikota/Wakil Walikota Medan 2010-2015, di gedung DPRD Medan.

Lebih lanjut diutarakan Sigit, dinamika perubahan struktur penduduk berpengaruh pula pada pembangunan pendidikan. Penurunan penduduk usia muda terutama kelompok usia 7-12 tahun sebagai dampak positip program Keluarga Berencana, menyebabkan penurunan jumlah siswa SD/MI dari tahun ke tahun.

Pada saat yang sama, terjadi pula perubahan struktur usia siswa SD/MI dengan semakin menurunnya siswa berusia lebih dari 12 tahun dan meningkatnya siswa berusia kurang dari 7 tahun.

Menurutnya, hal tersebut terus dipertimbangkan dalam penyediaan fasilitas pelayanan pendidikan. Sehingga efisiensi terus ditingkatkan. Pada saat yang sama terjadi peningkatan proporsi penduduk usia dewasa.

"Dengan demikian penyediaan layanan pendidikan sepanjang hayat melalui pendidikan non formal yang didukung swasta terus dikembangkan, untuk dapat memberi pelayanan pendidikan sesuai kebutuhan,” tandas Sigit didampingi wakilnya Hj Nurlisa Ginting.

Sementara, Joko Susilo yang berpasangan dengan Amir Mirza Hutagalung mengatakan, masyarakat yang tidak terdidik adalah sumber masalah. Sebab dapat menjadi parasit bagi kehidupan masyarakat lainnya, yang merupakan sumber dari pengangguran dan kriminalis. Karenanya, perlu suatu master plan komprehensip untuk mengatasinya.

Menjelaskan arah dari  pendidikan secara lebih tegas mendefinisikan peran pemerintah, swasta dan masyarakat dalam meningkatkan system pendidikan. “Keberhasilan system pendidikan salah satunya tergantung pada besarnya komitmen pejabat pemerintahan Kota Medan melakukan desentralisasi terhadap pendidikan," urainya.

Kandidat lainnya, M Arif Nasution mengungkapkan, meningkatnya akses
masyarakat terhadap pendidikan dan meningkatnya mutu pendidikan antara
lain ditandai oleh 100 persen masyarakat Kota Medan usia sekolah bebas
buta huruf.

Selain itu, meningkatnya secara nyata persentase penduduk yang dapat menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan berkembangnya pendidikan kejuruan yang ditandai dengan meningkatnya jumlah tenaga terampil. Menurutnya, meningkatnya kualitas dan relevansi pendidikan ditandai dengan meningkatnya proporsi pendidik formal dan non formal, yang memiliki kualifikasi minimum dan sertifikasi sesuai dengan jenjang kewenangan mengajar.

Selain dihadiri 10 pasangan calon walikota/wakil walikota Medan, seluruh anggota DPRD Medan, unsur muspida plus, anggota KPU Medan, anggota Panwas Medan, acara penyampaian visi misi juga dihadiri Plt Sekda Kota Medan Fitriyus yang sekaligus mewakili Pjs Walikota Medan Syamsul Arifin.

Dalam kesempatan itu, Fitriyus mengatakan, penyampaian visi misi merupakan bahagian dari kampanye Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Medan. Kandidat terpilih nantinya, akan mengimplementasikan visi misi tersebut. Sehingga apa yang disampaikan 10 pasang kandidat dapat dirasakan masyarakat Kota Medan.

Sementara Ketua DPRD Medan Denni Ilham Panggabean berharap Pemilukada  Medan 2010 berjalan dengan lancar. Sehingga tahapan-tahapan yang telah disiapkan KPU berjalan sesuai jadwal. Bagi kandidat, sebutnya, agar tetap menjaga kondusifitas Kota Medan.***Rep4

 

Film

 

Otomotif

 

Infotainment

Rumah Ustad Jeffry Al Buchori Terbakar

Rumah Ustad Jeffry Al Buchori Terbakar

MedanPunya.Com - Musibah menimpa keluarga almarhum ustad Jeffry Al Buchori pada pagi dini hari Jumat (20/6). Rumah yang dihuni Umi Pipik dan ketiga

Pelawak Jojon Meninggal Dunia

Pelawak Jojon Meninggal Dunia

MedanPunya.Com - Dunia hiburan Indonesia kehilangan salah satu pelawak terbaiknya. Djuhri Masdjan atau yang lebih dikenal sebagai Jojon meninggal

 

Gaya Hidup

Kontrol Emosi Rendah Picu Orang Berpendidikan Baik Bisa Jadi Pembunuh

MedanPunya.Com - Pendidikan formal baik yang didapat seseorang tidak menjamin orang tersebut akan berperilaku baik. Berkaca dari kasus pembunuhan Ade Sara Angelina Suroto (19), yang dilakukan oleh Hafiz (19) dan Assyifa Ramadhani (19), mantan kekasih dan teman SMA tega melakukan aksi keji.

"Kalau ora [ ... ]

 

Pendidikan

Pakar Pendidikan Tidak Setuju Sistem UN dan Kurikulum Pendidikan Diubah

Jakarta(MedanPunya.Com) Dalam debat putaran keempat antara cawapres Jusuf Kalla (JK) dan Hatta Rajasa, JK menyatakan akan mengevaluasi sistem pelaksanaan UN. Pakar pendidikan Arief Rachman menilai tidak ada yang perlu diubah dari UN ataupun kurikulum pendidikan itu sendiri karena sudah memenuhi syar [ ... ]

 

Musik

Pemilik Nada Asli "tairway to Heaven" Gugat Led Zeppelin

MedanPunya.Com - Lagu Stairway to Heaven adalah salah satu lagu legendaris milik kelompok Led Zeppelin. Namun, siapa sangka kini grup asal Inggris itu digugat karena dianggap menjiplak beberapa bagian dari lagu tersebut.

Dan yang kini menuntut Jimmy Paige dkk adalah grup band yang namanya mungkin tak [ ... ]

 

Teknologi

Hacker Gempur Jutaan Situs Israel

MedanPunya.Com - Para peretas mengutuk serangan Israel ke Gaza. Sebagai bentuk balasan, jutaan serangan pun dilancarkan dedemit maya terhadap situs Israel.

Pasca memanasnya situasi di Gaza, muncul kampanye #OpSaveGaza yang digalakkan oleh hacker anti Israel di internet.

Kampanye ini tak cuma digerakka [ ... ]