Pemekaran Simalungun Hataran Tinggal Rekomendasi Gatot

Medan(MedanPunya.Com) Pemekaran Kabupaten Simalungun Hataran dari induknya Kabupaten Simalungun tinggal menunggu rekomendasi Gubernur Sumut Gatot Pujo Nugroho.

Ketua DPRD Sumut Saleh Bangun menegaskan Komisi II DPR RI sudah menyatakan kesiapan untuk mengesahkan pemekaran Kabupaten Simalungun Hataran.

"Hasil konsultasi kami beberapa waktu lalu, Komisi II DPR RI, menyatakan tidak akan mempersulit usulan pemekaran. Untuk Simalungun Hataran misalnya, Komisi II sudah siap mengetoknya, kalau bisa tahun ini juga," kata Saleh.

Ia menyebut, tidak ada alasan untuk menghalangi pemekaran Kabupaten Simalungun menjadi dua kabupaten, yakni Simalungun dan Simalungun Hataran. Katanya, dengan jumlah penduduk diatas Rp 1 juta dan jumlah kecamatan sebanyak 31 kecamatan, itu sudah menjadi satu alasan kuat untuk dilakukan pemekaran.

"Apalagi rekomendasi DPRD Simalungun, Bupati Simalungun dan DPRD Sumut sudah ada. Kemudian dorongan keinginan masyarakat di sana juga sudah bulat untuk pemekaran ini. Jadi apalagi hak kita untuk tidak memekarkan ini," katanya.

Rekomendasi pemekaran yang diajukan Simalungun pada Gubernur Sumut belum ditandatangani. Hal tersebut, karena Gatot Pujo Nugroho saat itu masih berstatus sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sumut, sehingga tidak boleh menandatangani surat rekomendasi pemekaran. Karenanya, Saleh mengarahkan agar DPRD Simalungun segera membuat surat yang baru.

"Pak Gatot sekarang sudah defenitif. Saya sarankan buat saja surat yang baru dan diajukan ke Pemprov Sumut. Saya kira, Pak Gatot akan menyelesaikan ini. Dia kan sudah dilantik menjadi kepala daerah defenitif. Yang penting syarat-syarat pemekaran sesuai PP No 78 sudah dilengkapi," ujar Saleh.

Saleh menjelaskan, jika pun nanti Simalungun Hataran disahkan DPR dan kemudian disetujui Presiden RI untuk dimekarkan, berdasarkan aturan yang baru, daerah pemekaran itu tetap di bawah koordinasi kabupaten induk selama dua tahun.

"Selama dua tahun pemerintahannya tetap dikendalikan kabupaten induk, sembari mempersiapkan pemilihan kepala daerah baru," terangnya.***trb/mpc/bs

 

Film

 

Otomotif

 

Infotainment

Pelawak Jojon Meninggal Dunia

Pelawak Jojon Meninggal Dunia

MedanPunya.Com - Dunia hiburan Indonesia kehilangan salah satu pelawak terbaiknya. Djuhri Masdjan atau yang lebih dikenal sebagai Jojon meninggal

Roger Ditemukan dalam Mobil di Pulogadung, Jarum Suntik Masih Tertancap

Roger Ditemukan dalam Mobil di Pulogadung, Jarum Suntik Masih Tertancap

MedanPunya.Com - Artis sinetron Roger Danuarta ditemukan tidak sadarkan diri dalam mobilnya di Jalan Kayu Putih Tengah, Pulogadung, Jakarta Timur,

 

Gaya Hidup

Kontrol Emosi Rendah Picu Orang Berpendidikan Baik Bisa Jadi Pembunuh

MedanPunya.Com - Pendidikan formal baik yang didapat seseorang tidak menjamin orang tersebut akan berperilaku baik. Berkaca dari kasus pembunuhan Ade Sara Angelina Suroto (19), yang dilakukan oleh Hafiz (19) dan Assyifa Ramadhani (19), mantan kekasih dan teman SMA tega melakukan aksi keji.

"Kalau ora [ ... ]

 

Pendidikan

Benarkah Jam Sekolah Pagi Ganggu Pencernaan Anak? Mendikbud: Aduh Alasan

Jakarta(MedanPunya.Com) Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) menilai jam masuk anak sekolah di DKI Jakarta telah mengorbankan hak-hak anak, termasuk mengganggu pencernaan. Mendikbud M Nuh menilai itu hanya alasan saja.

"Aduh alasan. Orang FSGI (pihak yang menyatakan bisa mengganggu pencernaan anak) [ ... ]

 

Musik

Queen Pecahkan Rekor Album TerlarisQueen Pecahkan Rekor Album Terlaris

MedanPunya.Com - Queen mencatat sejarah dengan menjadi band pertama di Inggris yang berhasil menjual enam juta kopi album.

Koleksi Greatest Hits pertama mereka meliputi lagu We Will Rock You dan Bohemian Rhapsody.

Official Charts Company mengatakan satu dari tiga rumah tangga di Inggris kini memiliki  [ ... ]

 

Teknologi

Rugi Terus, BlackBerry Mau Berhenti Jualan Ponsel

MedanPunya.Com - BlackBerry terus-menerus mengalami kerugian. Pada tiga bulan yang berlangsung hingga 1 Maret lalu, perusahaan tersebut melaporkan kerugian sebesar 423 juta dollar AS. Kuartal sebelumnya, angka kerugian mencapai 4,4 miliar dollar AS.

Jika kerugian terus terjadi, CEO BlackBerry John Ch [ ... ]