Selasa, 17 Oktober 2017

Indonesia, Pengguna Instagram Terbesar se-Asia Pasifik

Kamis, 27 Juli 2017 12:31
Beri Rating Berita Ini
(0 votes)

Medan(MedanPunya) Indonesia menjadi negara dengan pengguna Instagram terbesar se-Asia Pasifik. Dari 700 pengguna aktif bulanan alias monthly active user (MAU) yang diraup Instagram secara global, 45 juta di antaranya berasal dari Indonesia.

Angka 45 juta MAU menunjukkan peningkatan yang signifikan jika dibandingkan dengan Januari 2016. Kala itu, MAU Instagram di Indonesia hanya 22 juta.

“Orang Indonesia sangat aktif di Instagram. Para artis, content creator, sampai pebisnis benar-benar memaksimalkan manfaat Instagram,” kata Country Head Facebook Indonesia, Sri Widowati.

Romo Jack (@ponypork) dan Mikhael Cherry (@mikhaelcherry) adalah dua contoh content creator lokal yang konsisten memanfaatkan Instagram untuk membagi karya. Alhasil, mereka mengaku banyak mendapat kerjaan dari Instagram

“Instagram seperti portofolio online yang sangat efektif dan yang lihat banyak dari seluruh dunia,” kata Romo Jack yang karyanya identik dengan foto tangan dan benda-benda kecil.

Hal tersebut disepakati Mikhael Cherry yang mengaku banyak dapat tawaran kerja dari Amerika Serikat via Instagram. Ia juga menjalin jaringan dan pertemanan antar sesama ilustrator di berbagai belahan dunia.

“Intinya konsisten di Instagram,” ujar sang ilustrator yang kerap menjadi tattoo artist juga.

Lebih lanjut, Sri Widowati mengatakan Instagram telah melahirkan banyak komunitas di seluruh dunia. Indonesia sendiri memiliki budaya “kumpul-kumpul” yang lekat sehingga komunitas Instagramnya masif dan terjaga.

“Instameet (komunitas Instagram) di Indonesia termasuk yang terbesar di dunia. Aktifnya bukan cuma di kota-kota besar, tapi sampai kota-kota kecil,” ia menjelaskan.

Selain itu, pengguna Instagram di Indonesia juga sangat aktif memanfaatkan fitur Stories. Setiap harinya, pengguna Instagram bisa mengunggah konten Stories dua kali lebih banyak dari rata-rata pengguna global.***kps/mpc/bs