Minggu, 27 Mei 2018

Setahun "Comeback" Nokia Sudah Mepet Oppo

Rabu, 14 Februari 2018 11:36
Beri Rating Berita Ini
(0 votes)

MedanPunya - Nokia sepertinya hendak mengulang kembali kejayaannya di era 2000-an awal. Merek ponsel yang sempat hibernasi dan kini di bawah naungan HMD Global tersebut memiliki performa bisnis memukau sepanjang 2017.

Pada kuartal IV 2017, Nokia berhasil menduduki posisi ke-11 sebagai vendor smartphone terbesar di dunia. Nokia menjual 4,4 juta unit selama tiga bulan, mengalahkan beberapa pemain mapan seperti Google, HTC, Asus, dan OnePlus.

Jika penjualan smartphone dan feature phone-nya digabungkan, Nokia menduduki peringkat ke-6 sedunia dengan pangsa pasar 5 lima persen. Artinya, Nokia berhasil memepet Oppo yang menduduki peringkat ke-5 sedunia dengan pangsa pasar 6,8 persen.

Prestasi ini tentu membanggakan, mengingat Nokia baru saja comeback setahun belakangan. Ada beberapa faktor yang berkontribusi terhadap rapor hijau Nokia.

Menurut firma analis Counterpoint, Nokia memiliki portofolio produk yang lengkap mencakup semua segmen harga. Selain itu, ada juga sisi nostalgia dari kejayaan masa lalu Nokia.

Angka pengapalan smartphone Nokia dari kuartal ke kuartal menunjukkan peningkatan hampir dua kali lipat. Pada kuartal II 2017, Nokia menjual 1,5 juta unit smartphone.

Pada kuartal III dan IV, Nokia secara berurutan menjual 2,8 juta dan 4,4 juta unit smartphone. Pada segmen feature phone, Nokia mendominasi pasar dengan penjualan 20,7 juta unit selama tiga bulan di akhir 2017.

HMD Global sesumbar bakal menghadirkan beberapa kejutan menarik untuk pecinta Nokia pada ajang tahunan Mobile World Congress 2018 di Barcelona, Spanyol, beberapa minggu mendatang.***kps/mpc/bs