Kamis, 21 Jun 2018

Duterte: Jika Ingin Hidup Lama, Tetaplah di Penjara Featured

Rabu, 23 Mei 2018 11:35
Beri Rating Berita Ini
(0 votes)
Rodrigo Duterte Rodrigo Duterte AFP

Manila(MedanPunya) Presiden Filipina Rodrigo Duterte menyampaikan pesan untuk para penjahat kasus narkoba agar tetap berada di dalam penjara jika ingin hidup lebih lama.

Duterte mengatakan agar mereka mencari cara agar ditangkap untuk kemudian tetap tinggal di penjara. Komentar tersebut disampaikan Duterte dalam sebuah pidatonya yang kembali menyerukan penumpasan anti-narkoba.

Duterte tidak secara spesifik menyebutkan para pelaku kejahatan narkoba yang dimaksud, namun komentarnya dapat merujuk pada orang-orang yang kaya melalui perdagangan obat-obatan terlarang di provinsi Cebu.

"Anda tahu, jika saya adalah kalian di Cebu, saya akan tetap di penjara. Jika Anda ingin hidup lebih lama, tetaplah di penjara."

"Carilah alasan untuk dipenjara. Jangan keluar dari fasilitas itu karena berada di luar penjara tidak akan baik bagi kesehatan Anda," kata Duterte.

Meski Duterte mengatakan hal itu, pada faktanya seorang tersangka narkoba berprofil tinggi tewas setelah ditembak oleh petugas polisi di dalam sel penjara.

Rolando Espinosa, Wali Kota Albuera, ditembak mati oleh polisi di sel penjara pada 2016, dalam sebuah baku tembak. Namun penyelidikan oleh pemerintah memastikan hal tersebut sebagai pembunuhan.

Dalam pidatonya memperingati ulang tahun Angkatan Laut Filipina, Duterte awalnya membahas terorisme dan ancaman teritorial Laut China Selaran, namun kemudian berbelok menjadi pidato anti-narkoba.

Duterte juga mengeluarkan ancaman kepada para polisi yang terlibat dalam kasus narkoba.

"Sebagian dari mereka, sangat disayangkan, telah benar-benar terjerumus dalam narkoba. Sebagian besar dari mereka adalah polisi karena jumlah mereka yang sangat banyak."

"Tidak mengherankan jika mereka terjerumus satu demi satu, dari wali kota hingga kepala desa," kata Duterte.

Meski demikian, Duterte mengatakan bahwa dirinya masih memiliki waktu untuk memperbaiki segala hal.

"Untuk para penjahat di luar sana, para polisi nakal dan semua yang menciptakan neraka di dunia, saya ingatkan bahwa saya masih memiliki cukup waktu untuk memperbaiki segala hal," kata Duterte.

"Anda mungkin tidak akan menyukai cara saya memperbaiki semuanya dan saya dengan senang hati memperingatkan bahwa tidak ada jalan untuk kembali dari perang melawan narkoba," tambahnya.***kps/mpc/bs


Dibaca 114 Kali