cache/resized/89223fafb7193a09af541cb2610486b2.jpg
Jakarta(MedanPunya) Presiden Joko Widodo menerbitkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 17 Tahun 2020 ...
cache/resized/9e51edb2fb71b473d38ba9a7a712fc12.jpg
Washington(MedanPunya) Pemerintah Amerika Serikat tengah menyelidiki intensif apakah virus Corona ...
cache/resized/9a84fa7c035130d22fadbbf8666b577e.jpg
Medan(MedanPunya) Kapolda Sumatera Utara (Sumut) Irjen Martuani Sormin meminta semua pihak mematuhi ...

New Delhi(MedanPunya) Seorang transgender di India berhasil terpilih menjadi Walikota Raigarh dalam pemilihan umum setempat. Madhu Bai Kinnar yang berasal dari kasta bawah ini mencetak sejarah sebagai walikota transgender pertama di India.

Kinnar (35) memenangkan pemilihan umum kota Raigarh, Chhattisgarh pada Minggu (4/1). Dia mengalahkan rivalnya dari Bharatiya Janata Party (BJP) yang menaungi Perdana Menteri Narendra Modi.

Menurut komisi pemilihan umum setempat, Kinnar meraup suara mayoritas sekitar lebih dari 4.500 suara. Tayangan media setempat menunjukkan Kinnar tampil mengenakan sari, pakaian tradisional India, tengah menyapa para pendukungnya. Beberapa pendukungnya bahkan tampak mengalungkan untaian bunga ke lehernya sebagai ucapan selamat.

Media setempat Press Trust of India melaporkan, Kinnar yang merupakan anggota kasta Dalit ini tidak pernah mengutarakan niatnya terjun ke dunia politik. Selama ini, Kinnar menghidupi diri dari menyanyi dan menari di kereta api.

Namun ketika dia diminta mewakili komunitasnya, Kinnar mulai menunjukkan minatnya.

"Orang-orang menunjukkan keyakinannya pada saya. Saya melihat kemenangan ini sebagai cinta dan restu dari orang-orang untuk saya. Saya akan melakukan upaya terbaik untuk memenuhi mimpi mereka," ucap Kinnar kepada wartawan setempat usai pengumuman pemilihan umum.

Kemenangan Kinnar ini terjadi selang 9 bulan setelah pengadilan tinggi India menyatakan transgender sebagai jenis kelamin netral menurut hukum. Transgender yang biasa disebut sebagai 'hijra' di India, diklasifikasikan sebagai orang-orang yang melakukan operasi jenis kelamin atau orang yang menganggap dirinya bertentangan dengan jenis kelamin mereka sejak lahir.

Seringkali, transgender di India yang hidup di tengah masyarakat konservatif jatuh ke dalam dunia prostitusi dan beberapa berakhir menjadi pengemis.***dtc/mpc/bs

  • 0 komentar
  • Baca 1156 kali