cache/resized/de63f0d2a22d502cee5872cc2ecad34c.jpg
MedanPunya - Menyusul ponsel orang terkaya dunia, Jeff Bezos, diretas melalui file video yang ...
cache/resized/e8817f3e820125f5141ada3a1cb021dd.jpg
Teheran(MedanPunya) Seorang anggota parlemen Iran menawarkan uang sebesar US$ 3 juta (Rp 40,3 ...
cache/resized/b08c12473eaedd350872fbba9d495169.jpg
Jakarta(MedanPunya) Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan ada cucu usaha dari PT Garuda Indonesia ...

Kuala Lumpur(MedanPunya) Setelah Siti Aisyah dari Indonesia, perempuan asal Vietnam Doan Thi Huong hari ini (3/5) dibebaskan Malaysia, setelah dituding membunuh saudara tiri pemimpin Korea Utara.

Bebasnya Doan telah mengakhiri proses hukum atas pembunuhan yang terjadi di Bandara Kuala Lumpur pada Februari 2017. Korban bernama Kim Jong Nam, yang merupakan kerabat Kim Jong Un yang menghabiskan tahun-tahun hidupnya dalam pengasingan.

Dia pernah dipandang sebagai pewaris kepemimpinan Korea Utara. Kim Jong Nam meninggal setelah wajahnya diolesi racun saraf terlarang ketika menunggu di bandara. Pembunuhan yang sensasional menjadi berita utama di seluruh dunia, bahkan sampai memicu pertikaian diplomatik.

Doan dan Siti ditangkap setelah terlihat dalam CCTV mendekati Kim Jong Nam. Namun keduanya selalu membantah tudingan sebagai pelaku pembunuhan.

Mereka mengklaim ditipu oleh agen Korea Utara untuk melakukan aksi "prank" televisi.

Para agen tersebut kemudian melarikan diri dari Malaysia setelah pembunuhan itu. Keduanya diadili, namun pada Maret lalu para jaksa penuntut Malaysia membatalkan tuduhan pembunuhan kepada Aisyah.

Kini Doan dapat bernapas lega. Setelah dua tahun penangkapannya, mantan pekerja salon rambut itu dibebaskan dari penjara sekitar pukul 07.20 waktu setempat. Para jurnalis telihat menunggu di luar penjara.

Sebuah van dan mobil dengan kaca gelap melaju. Seorang pejabat pengadilan mengonfirmasi, Doan telah bebas.

Dia dijadwalkan menuju kantor imigrasi di Putrajaya untuk mengurus dokumen sebelum terbang ke Vietnam pada Jumat malam. Sebelumnya, pemerintah Vietnam meminta kepada Malaysia untuk membebaskan Doan.

Permohonan itu disampaikan pemerintah Vietnam sehari setelah keputusan pembebasan Siti Aisyah.***kps/mpc/bs

  • 0 komentar
  • Baca 182 kali