cache/resized/f695b99f0277758dfe81e7b4284ae74e.jpg
Naples(MedanPunya) Dries Mertens tak menahan diri ketika ditanya soal keputusan Maurizio Sarri ...
cache/resized/f95acf087ea3c8aaa4510ffa1381d291.jpg
Pyongyang(MedanPunya) Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un dikabarkan meminta uang kepada ...
cache/resized/a169e5794c5351a617f5fa2480cc01f3.jpg
Beijing(MedanPunya) Citra satelit terbaru menunjukkan aktivitas China yang tengah membuat kapal ...

Stockholm(MedanPunya) Serikat kepolisian Swedia mendesak pemerintah negeri itu untuk merekrut polisi dari negeri tetangga Norwegia untuk mengatasi kekurangan petugas di negeri itu.

Serikat mengatakan, sebanyak lebih dari 250 polisi di Norwegia tidak bisa mendapatkan pekerjaan meski mereka sudah memenuhi kualifikasi. Serikat mengusulkan para polisi Norwegia itu bisa mengambil pelatihan dan bekerja di Swedia.

Namun, otorita kepolisian Swedia mengatakan, sejauh ini tidak ada rencana untuk merekrut petugas baru dari luar negeri. Kepolisian Swedia berencana merekrut 7.000 petugas baru hingga 2024.

Meski demikian, wakil ketua Serikat Kepolisian Swedia Anna Dennis mengatakan, masih banyak kekosongan karena tingkat kegagalan di akademi kepolisian Swedia amat tinggi.

Anna menduga, gaji yang rendah membuat menjadi polisi bukan tawaran menarik bagi orang-orang terbaik. Untuk menjadi polisi di Swedia membutuhkan pelatihan selama 2,5 tahun.

Para calon polisi harus lulus tes fisik, psikologi, ujian hukum, memiliki SIM, bisa berenang, dan harus warga negara Swedia.

Di sisi lain, kekurangan petugas di lapangan amat dirasakan para polisi yang masih bertugas. Anna menambahkan, kondisi ini diperburuk dengan meningkatnya jumlah polisi yang berhenti dari pekerjaannya.

Pada 2011 jumlah polisi yang berhenti tercatat 612 orang tetapi tahun lalu, jumlah itu meningkat menjadi 888 orang.

"Butuh waktu lama untuk mendapatkan jumlah petugas yang seharusnya," kata Anna.

Dia mengatakan, serikatnya kemudian memunculkan ide untuk merekrut petugas baru dari Norwegia.

"Sebabnya adalah kami ingin menjadi bagian dari solusi bukan hanya mengatakan buruknya kondisi saat ini," tambah Anna.

Hal yang sebaliknya terjadi di Norwegia. Saat ini, banyak polisi yang sudah memenuhi kualifikasi tapi tak bisa bekerja karena minimnya anggaran dari pemerintah.

Selama ini kepolisian kedua negara sudah sering bekerja sama terutama terkait keamanan perbatasan kedua negara yang sepanjang 1.630 kilometer.

Namun, belum ada program di kedua negara untuk mengirimkan petugas yang memiliki kualifikasi bertugas di luar negeri.

Otorita Kepolisian Swedia mengatakan, ide merekrut polisi dari Norwegia merupakan usulan baru dan amat baik.

Masalahnya, undang-undang mengharusknya semua petugas polisi harus berkewarganegaraan Swedia. Untuk mendapatkan status warga negara Swedia, seseorang harua lahir di Swedia atau tinggal selama minimal lima tahun di negeri itu.***kps/mpc/bs

  • 0 komentar
  • Baca 70 kali