cache/resized/9a84fa7c035130d22fadbbf8666b577e.jpg
Medan(MedanPunya) Kapolda Sumatera Utara (Sumut) Irjen Martuani Sormin meminta semua pihak mematuhi ...
cache/resized/2b2c034cf620b2a0f357c14287c0a073.jpg
Washington(MedanPunya) Otoritas Amerika Serikat (AS) resmi mendakwa Presiden Venezuela, Nicolas ...
cache/resized/de63f0d2a22d502cee5872cc2ecad34c.jpg
MedanPunya - Menyusul ponsel orang terkaya dunia, Jeff Bezos, diretas melalui file video yang ...

Amsterdam(MedanPunya) Menteri Kesehatan Belanda, Bruno Bruins, meminta diturunkan dari jabatannya karena mengaku kewalahan menghadapi virus corona.

Sebelumnya pada Kamis (19/3) malam Bruno sempat terjatuh saat berbicara di podium sidang parlemen yang membicarakan kesiapan negara. Kondisi ini disebutnya karena kelelahan.

Dalam pernyataannya, pria 56 tahun ini mengatakan tidak lagi mampu secara fisik untuk mengemban tugas ini. Dia menggambarkan pemberantasan virus corona sebagai olahraga profesional tingkat tinggi.

"Saya telah menyimpulkan bahwa tubuh saya tidak bisa lagi menangani ini karena kelelahan," ungkap Bruno.

Permintaan resign ini kemudian disetujui Raja Belanda, yang disampaikan melalui Kabinet Raja dalam sebuah pernyataan.

"Raja telah menyetujui pengunduran diri ini dengan penghargaan tertinggi. Atas rekomendasi Perdana Menteri, dengan rasa terima kasih untuk dedikasi yang diberikan oleh menteri kepada-Nya dan Kerajaan," tulis pernyataan tersebut.

Setelah sidang parlemen, Bruins dikabarkan merasa lebih baik setelah beristirahat malam itu.

Dia awalnya diperkirakan akan kembali bekerja dalam 1-2 hari.

"Saya terjatuh karena kelelahan dan minggu-minggu yang intensif. Sekarang segalanya sudah lebih baik."

"Saya pulang sekarang untuk beristirahat malam ini, sehingga saya bisa kembali bekerja besok untuk melawan krisis corona sebaik mungkin," kata Bruins di Twitter, setelah dirinya terjatuh di sidang parlemen.

Dalam tugasnya, Bruins menangani kritik, menjawab kekhawatiran, dan pertanyaan dari para pemimpin partai politik Belanda. Sekitar 35 menit dalam persidangan, pemimpin paling kanan Geert Wilders mulai mendesak Bruins tentang ketersediaan masker bedah di "Negeri Kincir Angin".

Bruins tiba-tiba terhuyung mundur dan tumbang. Dia langsung ditolong dan dibantu berdiri oleh Menteri Sosial Wouter Koolmees. Setelah berdiri lagi, Bruins menyeruput segelas air dan berjalan keluar dari parlemen.

Sebagai pengganti, Hugo de Jonge akan mengambil alih tugas Bruins. De Jonge adalah Menteri Kesehatan, Kesejahteraan, dan Olahraga, serta Wakil Pertama Perdana Menteri Belanda.***kps/mpc/bs

  • 0 komentar
  • Baca 35 kali