cache/resized/89223fafb7193a09af541cb2610486b2.jpg
Jakarta(MedanPunya) Presiden Joko Widodo menerbitkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 17 Tahun 2020 ...
cache/resized/9e51edb2fb71b473d38ba9a7a712fc12.jpg
Washington(MedanPunya) Pemerintah Amerika Serikat tengah menyelidiki intensif apakah virus Corona ...
cache/resized/9a84fa7c035130d22fadbbf8666b577e.jpg
Medan(MedanPunya) Kapolda Sumatera Utara (Sumut) Irjen Martuani Sormin meminta semua pihak mematuhi ...

Jakarta(MedanPunya) Menteri Keuangan Bambang P.S. Brodjonegoro berharap Direktur Jenderal Pajak yang baru, Sigit Priadi Pramudito dapat menggenjot penerimaan pajak tanpa harus mengganggu iklim usaha di Indonesia. Selain itu, Bambang juga meminta Sigit tetap menggunakan pajak sebagai instrumen insentif untuk mengakselerasikan investasi di Tanah Air.   

"Oleh karenanya peningkatan pajak tidak boleh mengganggu aktivitas bisnis di Indonesia," ujar Bambang.

Selain dua hal tadi, Bambang bilang, upaya peningkatan kepatuhan terhadap para wajib pajak juga harus menjadi fokus orang nomor I di Direktorat Jenderal Pajak (DJP) tersebut. Ini mengingat masih terdapat banyak wajib pajak yang tidak memenuhi kewajibannya. Disamping itu Bambang juga meminta Sigit bisa meningkatkan perolehan pajak seiring dengan upaya pemerintah mengejar target pertumbuhan ekonomi 2015 di angka 5,7 persen.

"Solusinya mengakselerasikan peran investasi swasta dengan memberikan insentif perpajakan dan memastikan iklim usaha yang kondusif. Untuk menyeimbangkan keadaan ini, insentif fiskal itu jelas harus ada karena investor sangat mengharapkan untuk melakukan ekspansi dan menjalankan usahanya di Indonesia," jelas Bambang.

Bambang mengingatkan, bukan perkara yang mudah untuk seroang Dirjen Pajak memimpin 32 ribu pegawai. Untuk itu, pria yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Kantor Wajib Pajak Besar itu harus memiliki jiwa kepemimpinan yang kuat.

"Tak hanya bisa mengarahkan, tetapi pak Sigit baru harus bisa mengayomi dan meberikan determinasi kepada pegawai pajak. Selain itu, saya juga sangat berharap target penerimaan pajak bisa tercapai," terang Bambang.

Sebelumnya, Sigit menyatakan bahwa dirinya siap mengemban amanah sebagai Dirjen Pajak yang baru. Ia pun menyamnggupi amanah dan pesan dari Menteri Keuangan.

"Saya itu sudah gampang, beliau (Menkeu) sudah bikin langkah-langkah, Tinggal ngikuti langkah-langkah beliau selesai. Langkahnya tentu untuk meningkatkan penerimaan, pemeriksaan, intensifikasi, ekstensifikasi udah semua. Saya tinggal jalan," kata Sigit.***cnn/mpc/bs

  • 0 komentar
  • Baca 968 kali