cache/resized/568a86d8d8e289493dd92041cc167676.jpg
Doha(MedanPunya) FIFA secara resmi meluncurkan logo Piala Dunia 2022. Logo Piala Dunia yang akan ...
cache/resized/e7d56ad1eb9b6dc4f18b672b05a683f0.jpg
Bangkok(MedanPunya) Kerajaan Thailand dilaporkan merilis foto selir Raja Maha Vajiralongkorn dalam ...
cache/resized/f695b99f0277758dfe81e7b4284ae74e.jpg
Naples(MedanPunya) Dries Mertens tak menahan diri ketika ditanya soal keputusan Maurizio Sarri ...

Jakarta - Meski Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tidak menganggapnya sebagai alat pembayaran yang sah, Bitcoin terus berkembang dan berinovasi di Indonesia. Bahkan sekarang ini Bitcoin sudah mulai dijual di Indomaret.

Bitcoin Indonesia bekerja sama dengan iPaymu dalam mewujudkan hal ini. iPaymu yang sudah terhubung dengan lebih dari 10.000 Indomaret kini memfasilitasi penjualan Bitcoin.

"Sudah mulai bisa dibeli di Indomaret mulai kemarin dan berjalan lancar. Beberapa user kami sudah menggunakan," kata Pendiri sekaligus CEO Bitcoin Indonesia, Oscar Darmawan, kepada detikFinance, Kamis (4/9/2014).

Menurutnya, kerjasama ini dilakukan supaya memperluas jangkauan Bitcoin di Indonesia, terutama bagi masyarakat yang tidak punya akses ke produk perbankan.

"Kita tahu di indonesia 80% penduduk Indonesia tidak punya akses ke dunia finansial, cuma 20% yang punya akses ke bank, kartu kredit, dan lain-lain. Bitcoin ini semua orang bisa menggunakan, kita bisa bantu orang-orang yang buta keuangan," ujarnya.

Cara membeli voucher ini cukup mudah, kata Oscar, pertama-tama buka akun dulu di Bitcoin Indonesia setelah itu dapat voucher. Nah, jika voucher ini nanti habis maka bisa lakukan isi ulang alias to up dengan membeli Bitcoin di mana saja termasuk Indomaret.

Dihubungi secara terpisah, CEO iPaymu Riyeke Ustadiyanto mengatakan, pihaknya mendapatkan fee setiap ada transaksi Bitcoin di Indomaret. Selama ini jaringan iPaymu sudah merambah hingga lebih dari 10.000 gerai Indomaret di Indonesia.

"Kita kan sudah kerjasama dengan Indomaret, sehingga begitu Bitcoin menggandeng kita otomatis terhubung di Indomaret," ujar Riyeke kepada detikFinance.

iPaymu adalah perusahaan penyedia jasa pembayaran dalam jaringan (online) asal Indonesia. Saat ini iPaymu sudah bekerjasama dengan 137 bank dan memanfaatkan jaringan anjungan tunai mandiri (ATM) Bersama, Link, Prima, dan Meps.

Menurut Riyeke sistem yang digunakan Ipaymu menyerupai Paypal namun dengan syarat yang lebih mudah. Yang terpenting si pemilik akun harus punya rekening bank aktif terlebih dahulu.

Sejak muncul di Indonesia, Bitcoin sudah bikin heboh, terutama para regulator seperti BI dan OJK. Beberapa negara ada yang sudah menerima Bitcoin namun ada juga yang menyatakan Bitcoin ilegal, salah satunya adalah Tiongkok.

Pasalnya, nilai Bitcoin selalu berfluktuasi dalam rentang yang sangat lebar. Bisa naik tinggi dalam satu hari, namun bisa juga anjlok sangat dalam hanya hitungan detik.(dtc)

Selengkapnya di dalam kategori ini: Lenovo Tab S8, Tablet Ringan Harga Enteng »